Abstrak RSS

Pranata Sosial Dalam Pertanian (Studi Tentang Pengetahuan Lokal Pada Masyarakat Petani Di Jawa Barat) Sosial Institution In Agricultural (A Study On The Lokal Knowledge In Peaseant Society In West Java)

Pranata Sosial Dalam Pertanian (Studi Tentang Pengetahuan Lokal Pada Masyarakat Petani Di Jawa Barat) Sosial Institution In Agricultural (A Study On The Lokal Knowledge In Peaseant Society In West Java)
Opan S. Suwartapradja
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Program Pemerintah dalam peningkatan produksi petanian dimulai dari pemasyarakatan Panca Usaha Tani sejak tahun 1970-an. Hasilnya telah mencapai swasembada beras pada tahun 1984, tetapi masih belum menunjukkan stabilitas keberadaan pangan dan pendapatan petani masih tetap termajinalkan. Hal ini tidak hanya terkait dengan harga jual dan sistem pemasaran yang masih tradisional, akan tetapi juga tingginya biaya produksi. Salah satu upaya dalam mengurangi biaya produksi terutama dibidang ketenaga kerjaan dengan memanfaatkan kearifan lokal, yaitu memanfaatkan suatu bentuk kerja sama dalam kehidupan petani, seperti Liliuran/gropyokan/rempugan. Bentuk kerjasama ini telah melembaga dalam kehidupan mereka, tetapi keberadaannya semakin termarjinalkan. Tulisan ini mendeskripsikan, menggambarkan dan atau melukiskan serta memaknai kearifan lokal sebagai suatu bentuk pranata sosial yang tumbuh dalam kehidupan masyarakat agraris di perdesaan melalui pendekatan kualitatif, yang dapat dipertimbangkan dalam mengaplikasikan program-program pembangunan. Pranata sosial ini merupakan suatu bentuk kerjasama dalam suatu kegiatan yang dilakukan oleh para petani dengan cara bergiliran. Keanggotaannya cukup rasional dan cukup ideal, terkait dengan luasan, pergiliran dan masa tanam, sehingga bagi yang mendapatkan giliran terakhir sesuai dengan jadwal tanam yang serentak dilaksanakan. Dalam bentuk kerjasama ini tidak ada ketentuan yang mengikat dan tidak ada kompensasi. Setiap anggota yang terlibat membayarnya dengan jasa atau tenaga sesuai dengan kegiatan yang dilakukannya. Pranata sosial mengandung kepentingan sosial, eknomi dan budaya. Dari segi sosial, dapat menjaga dan meningkatkan ikatan atau hubungan antar kerabat, teman dan tetangga dan dari segi ekonomi dapat mengurangi biaya produksi. Sedangkan dari segi budaya terkait dengan sistem nilai yang berlaku dalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan. Bentuk kerjasama ini mempunyai arti penting dalam kehidupan petani, terutama yang masih diricikan oleh sifat-sifat tradisional (Post Traditional).

The Government’s program in increasing agricultural products began when the nation-wide campaign of Panca Usaha Tani (Five Agricultural Efforts) was launched in the 1970’s. Although Indonesia claimed to have achieved a state of food independence in 1984, the Panca Usaha Tani program still has not shown any indication of stable food availability until today. Despite the claim, farmers’ income is now still insignificant. This condition is related not only to the prevailing traditional sale and marketing system, but also to the high production costs. One of the efforts to reduce production costs, particularly manpower employment, has been to adopt local people, to the adoption of a form of cooperation in farming commonly named Liliuran/Gropyokan/Rempugan. This very form of cooperation has for long been institutionalized, but its existence has been severely marginalized. This article attempts to describe, portray, illustrate and signify this particular local people as a sosial institution that has grown in the life of some rural agrarian societies. Using the qualitative method, the research attempts to come up with results that can be considered and applied in many other development programs. Liliuran/Gropyokan/Rempugan is a form of cooperation in which farmers take turn to perform agricultural activities. The membership is normatively rational and ideal, based on the area, turn rotation and planting cycle. Thus, the last turn coincides with the next cycle’s planting season, also organized synchronously. There are no rules and compensation that apply in this type of joint work. Each farmer involved is paid according to the service or work (s)he has performed.A social institution carries in it social, economic and cultural interests. From the social point of view, it can preserve and strengthen the bonds or relations among relatives, friends and, more generally, people in the neighborhood. From the economic point of view, it can reduce production costs. From cultural point of view, it is closely connected to the system of values prevalent in the society in question. This form of cooperation has an important meaning in the life of farmers, particularly those who are still characterized by traditional (or post-traditional) traits.

Download: pdf.