Abstrak RSS

AGRIBISNIS KOPI LUWAK ARABIKA ( Studi Kasus Asosiasi Petani Kopi Luwak Three Mountain, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung )

AGRIBISNIS KOPI LUWAK ARABIKA ( Studi Kasus Asosiasi Petani Kopi Luwak Three Mountain, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung )
NURUL AENI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,
ABSTRAK

NURUL AENI. 2012. Agribisnis Kopi Luwak Arabika (Studi Kasus Asosiasi Petani Kopi Luwak Three Mountain, Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung). Dibawah bimbingan GANJAR KURNIA

Asosiasi Petani Kopi Luwak Three Mountain merupakan sebuah asosiasi petani kopi yang mengusahakan kopi luwak arabika. Sampai dengan saat ini Three Mountain telah memiliki anggota lebih dari 28 petani yang tersebar pada tiga kabupaten yaitu Bandung, Garut dan Cianjur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi agribisnis tanaman Kopi Luwak yang terdapat di Asosiasi
Petani Kopi Luwak Three Mountain dan langkah strategis apa yang dapat diambil oleh Asosiasi Petani Kopi Luwak Three Mountain Civet Coffee dalam pengembangan agribisnis kopi luwak dilihat dari kondisi internal (kelebihan, kekurangan) dan eksternalnya (peluang, ancaman). Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara tentang informasi tentang agribisnis kopi luwak arabika. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Asosiasi Petani Kopi Luwak Three Mountain menjalankan secara runtun agribisnis sebagai sistem dimulai dari subsistem pengadaan sarana produksi pertanian (agroinput) sampai subsistem kelembagaan penunjang kegiaatan pertanian (agro supporting). Dari hasil penelitian juga dapat diketahui aliran bisnis kopi luwak Three Mountain terbagi menjadi dua yaitu aliran produk dan aliran uang. Dari perhitungan analisis usahatani dapat diketahui perbandingan analisis usahatani olahan green bean kopi arabika reguler, kopi luwak arabika di tingkat anggota dan pada Three Mountain. Hasil dari perhitungan tersebut NPV ketiganya menunjukan hasil yang positif. Strategi pengembangan yang tepat digunakan oleh usaha kopi luwak arabika Three Mountain berdasarkan matriks SWOT adalah strategi intensif, dalam bentuk penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk.