Abstrak RSS

Uji Efektivitas Pasta Biji Sirsak (Annona muricata LINN) dalam Menekan Gall dan Populasi Nematoda (Meloidogyne spp.) pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum MILL.)

Uji Efektivitas Pasta Biji Sirsak (Annona muricata LINN) dalam Menekan Gall dan Populasi Nematoda (Meloidogyne spp.) pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum MILL.)
ISLAMIARTO
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,
ABSTRAK

Islamiarto. 2012. Uji Efektivitas Pasta Biji Sirsak (Annona muricata LINN) dalam Menekan Gall dan Populasi Nematoda (Meloidogyne spp.) pada Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum MILL.). Dibimbing oleh Sadeli Natasasmita dan Wahyu Daradjat Natawigena.

Meloidogyne spp. merupakan salah satu patogen penting pada tanaman tomat di Indonesia. Salah satu cara pengendalian yang ramah lingkungan adalah dengan penggunaan bahan alami yang berasal dari tumbuhan. Biji sirsak(Annona muricata LINN). berpotensi sebagai nematisida alami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan dosis yang efektif dari biji sirsak untuk digunakan sebagai pengendalian nematoda Meloidogyne spp. pada tanaman tomat. Percobaan ini dilakukan di Rumah Kaca Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran dari bulan Februari 2012 sampai Mei 2012. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari 9 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diuji adalah pemberian pasta biji A.muricata dengan dosis 5 g, 10 g, 15 g, 20 g,25g dan 30 g/polybag dengan volume campuran tanah dan pupuk kompos sebanyak 2,5 liter , perlakuan pasta biji Jatropha curcas dengan dosis 8 g/polybag, karbofuran dengan dosis 2 g/ polybag dan kontrol (tanpa nematisida dan tanpa pasta biji A.muricata). Hasil percobaan menunjukkan bahwa aplikasi pasta biji Anonna muricata 20 g/polybag merupakan perlakuan yang efektif dalam menekan Meloidogyne spp. pada tanaman tomat di rumah kaca. Perlakuan tersebut mampu menekan gall sebesar 61,87 %, dan populasi juvenil 2 sebesar 69,23 % pada tanah. Pasta biji J. curcas 8 g/polybag mampu menekanan populasi nematoda Meloidogyne spp. sebesar 45,57 % dalam 100 ml tanah. Perlakuan karbofuran 3 %  dengan dosis 2 g/ polybag menunjukan persentase penekanan cukup tinggi pada setiap pengamatan.