Abstrak RSS

Peranan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Dalam Menumbuhkan Minat Baca Warga Belajar

Peranan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Dalam Menumbuhkan Minat Baca Warga Belajar
DENY FIRMANSYAH SUTISNA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

ABSTRAK

Inti dari penelitian ini adalah mengenai peranan
sebuah lembaga pendidikan nonformal, yang salah satunya adalah PKBM (Pusat
Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam menumbuhkembangkan minat membaca warga belajar
Paket C setara SMA. Penelitian dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat
(PKBM) Jembar Kabisa Dusun Selaawi RT 02/RW 07, Desa Sukahayu, Kecamatan Rancakalong
Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan PKBM Jembar
Kabisa dalam menumbuhkan minat baca warga belajar, khususnya untuk kelompok
belajar Paket C. Penelitian ini dilakukan di PKBM Jembar Kabisa mulai dari bulan
April hingga Juni 2012. Sumber utama dalam penelitian ini adalah kelompok
belajar (kejar) Paket C dari kelas 1, 2, dan 3 yang seluruhnya berjumlah 34
orang. Minat membaca warga belajar khususnya di PKBM Jembar Kabisa didukung oleh
beberapa komponen, yang sangat berperan dalam menumbuhkan minat baca tersebut.
Komponen-komponen tersebut antara lain adalah bagaimana proses kegiatan belajar
mengajar yang diterapkan, kemudian dari fasilitas penunjang yang ada serta
bagaimana peran pengelola kegiatan belajar mengajar di PKBM ini. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dari proses kegiatan belajar, sebanyak 76,5%
responden menyatakan bahwa kurikulum pembelajaran yang diterapkan di PKBM ini
sudah sesuai. Hal ini sangat berkaitan dengan kesepakatan penggunaan kurikulum
yang digunakan dalam pembelajaran yang mencakup standar pencapaian kompetensi.
Kemudian dilihat dari segi fasilitas penunjang seperti terdapatnya Taman Bacaan
Masyarakat (TBM), mayoritas responden menyatakan sebanyak 50% bahwa TBM
membantu serta mendukung dalam proses pembelajaran dan kegiatan lainnya seperti
membaca. Untuk pengelola dalam hal ini adalah guru/tutor, sebanyak 79,4%
responden menyatakan bahwa guru/tutor selalu merekomendasikan bahan-bahan
bacaan yang harus dipelajari dan dibaca oleh warga belajar. Dari hasil
penelitian diatas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa PKBM Jembar Kabisa
memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan minat baca warga
belajar.

ABSTRACT

Core of this research is role of nonformal
education institute,
either one is Society Activity Study Center
in fostering
an interest of read to citizen Paket
C that equal Senior High School.
This research has done in
Jembar KabisaSociety
Activity Study Center
, Sukahayu Village, Rancakalong
Subdistrict-Sumedang.
This research aims to
know role of
Jembar KabisaSociety
Activity Study Center
to foster an interest of read to citizen,
specially for P
aket C study group. This research was done begin
April until June 2012 with main resources are students of P
aket
C study group in 1, 2, and 3 class with 34 students. An interest of read from
citizen is encouraged by several components, that are
teaching and learning process that has applied, facilities and role of
employees. Result of this research has shown that from learning process, as
much as 76,5% of respondens said that the curriculum was applied in Society
Activity Study Center
been appropriate with competence
standard.
50% of respondens said
that Taman Baca
an Masyarakat (TBM)
encourages learning process and other activity like reading. For employees
(teachers), 79,4% of respondens said that teachers always recomend kind of
literatures which can be learn and read by citizen. The research can be
conclution that PKBM or
Jembar KabisaSociety Activity Study Center
have im
portant role in fostering an interest of read to
citizen.

Download: File Cover , File Abstrak ,