Abstrak RSS

ANALISIS RANTAI PEMASARAN AYAM RAS PEDAGING KE PASAR INDUK KABUPATEN CIANJUR

ANALISIS RANTAI PEMASARAN AYAM RAS PEDAGING KE PASAR INDUK KABUPATEN CIANJUR
HESTI PUSPITASARI
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 1—30 Juli 2011 di Pasar Induk
Kabupaten Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keragaan rantai
pemasaran ayam ras pedaging di Pasar Induk Kabupaten Cianjur; 2) besar
marjin pemasaran (marketing margin) yang diterima oleh masing-masing pelaku
pola rantai pemasaran ayam ras pedaging I dan II di Pasar Induk Kabupaten
Cianjur; 3) besar bagian yang diterima oleh peternak (farmer’s share) di Pasar
Induk Kabupaten Cianjur; dan 4) besar keuntungan (profit) pemasaran yang
diterima oleh masing-masing pelaku pola rantai pemasaran ayam ras pedaging I
dan II di Pasar Induk Kabupaten Cianjur. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode sensus, tempat penelitian dilaksanakan di Pasar Induk,
Kabupaten Cianjur. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa terdapat dua pola
rantai pemasaran ayam ras pedaging ke Pasar Induk Kabupaten Cianjur, yaitu:
1) Pola I = peternak – pedagang perantara – pedagang besar – pedagang
pengecer; dan 2) Pola II = peternak – poultry shop – pedagang perantara –
pedagang besar – pedagang pengecer. Dilihat dari data persentase marjin
parsial pola I dan II dapat disimpulkan bahwa semakin besar marjin
pemasarannya, maka harga yang diterima oleh peternak semakin kecil dan
mengindikasikan sistem pemasarannya menjadi tidak efisien. Secara umum,
dapat dikatakan distribusi bagian harga yang diterima oleh peternak ayam ras
pedaging (farmer’s share) pada pola I dan II efisien, karena di atas 50 persen.
Profit yang didapat oleh pola rantai pemasaran ayam ras pedaging II sebesar Rp
9.897,078 per kilogram lebih besar daripada pola rantai pemasaran ayam ras
pedaging I sebesar Rp 9.466,003 per kilogram. Hal ini dikarenakan, semakin
rendah biaya yang harus dibayar maka semakin tinggi keuntungan yang
diperoleh.