Abstrak RSS

Strategi Pedagang Kaki Lima Di Jatinegara, Jakarta Timur (Studi Kasus Kelompok Aprilia)

Strategi Pedagang Kaki Lima Di Jatinegara, Jakarta Timur (Studi Kasus Kelompok Aprilia)
MUHAMAD SAMIAJI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Abstrak
Penelitian ini membahas tentang �Strategi Adaptasi Para Pedagang Kaki Lima Di Jatinegara�. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana strategi adaptasi berdagang yang dilakukan kelompok Aprilia di Jatinegara, Jakarta Timur.
Dari data penelitian didapatkan hasil bahwa pedagang kaki lima Aprilia di Jatinegara membentuk dua kategori strategi yakni strategi jaringan sosial yang didalamnya terdapat strategi berkelompok dan strategi hubungan antar kelompok. Sedangkan kategori selanjutnya adalah strategi berdagang yang di dalamnya terdapat aktivitas berdagang, alat berdagang, strategi perpindahan lapak, lokasi berdagang Aprilia.
Hasil dari penelitan ini menyimpulkan bahwa dalam kelompok Aprilia menyiasati tekanan yang berasal dari peraturan daerah dengan menggunakan strategi jaringan sosial strategi pemilihan waktu berdagang, strategi pemilihan lokasi berdagang dan strategi alat berdagang. Strategi jaringan sosial merujuk pada pembentukan kelompok, dan hubungan sosial. Strategi pemilihan waktu berdagang meliputi pengetahuan kelompok Aprilia; Strategi pemilihan lokasi meliputi cara berpindah lapak yang ditinjau dari pengalaman berdagang; dan Strategi alat berdagang yakni berupa diesel dan alat dagang lainnya.

Download: