Abstrak RSS

Hubungan Antara Komunikasi Instruksional dengan Prestasi Belajar Siswa

Hubungan Antara Komunikasi Instruksional dengan Prestasi Belajar Siswa
DESIANTI YUANITA
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Desianti Yuanita. 210110080116. 2012. Judul Penelitian yaitu ”Hubungan Antara Komunikasi
Instruksional dengan Prestasi Belajar Siswa”. Pembimbing Utama, Hj. Kismiyati
El Karimah, Dra., M.Si. Pembimbing Pendamping, Iwan Koswara, Drs., M.Si.,
Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kredibilitas guru, materi
pelajaran, metode instruksional, media instruksional, dan lingkungan belajar
dengan prestasi belajar anak. Metode penelitian yang
digunakan adalah korelasional. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang
dibagikan pada siswa SMA Negeri 3 Sukabumi, wawancara dengan guru serta siswa
SMA Negeri 3 Sukabumi dan studi pustaka. Objek dari penelitian ini adalah
Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sukabumi dan populasinya adalah siswa SMA Negeri
3 Sukabumi berjumlah 772 orang. Dengan teknik sampling strata proporsional dan
menggunakan pecahan 0.1 didapatkan ukuran sampel sebanyak 86 orang. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat hubungan antara kredibilitas guru dengan prestasi belajar siswa,
hubungan antara materi pengajaran dengan prestasi belajar siswa, hubungan
antara metode pengajaran dengan prestasi belajar siswa, hubungan antara media
pengajaran dengan prestasi belajar siswa, dan hubungan antara lingkungan
belajar dengan prestasi belajar siswa.

ABSTRACT

 

Desianti Yuanita. 210110080116. 2012.
The research title is “The Relationship Between Instructional
Communication With Student Achievement”. Main supervisor, Hj.
Kismiyati El Karimah,
Dra., M.Si. Supervising
companion, Iwan Koswara,
Drs., M.Si., Communication Management,
Faculty of Communication Science, Padjadjaran University.

The purpose of this study was to determine whether or not a relationship of credibility of teachers, teaching materials, instructional methods, instructional media,
and learning environment with student achievement.

The method
used
is a correlational
method. The research data obtained through a questionnaire
distributed at students of SMAN
3 Sukabumi, interviews
with teachers and students of SMA Negeri 3 Sukabumi
and literature study. Object of this study
was SMAN 3 Sukabumi. The
population in this study were senior
high school students numbered
772 people. Sample
size of 86 people obtained by using fractional 0.1 and proportional sampling strata technique

The results
showed that there is a relationship between the credibility of teachers with
student achievement, instructional materials with the relationship between
student achievement, the relationship between teaching methods with student
achievement, the relationship between medium of instruction with student
achievement, and the relationship between learning environment with student
achievement

Download: File Cover , File Abstrak ,