Abstrak RSS

STRATEGI KOMUNIKASI PENANGGULANGAN TAWURAN PELAJAR

STRATEGI KOMUNIKASI PENANGGULANGAN TAWURAN PELAJAR
DHEWI TERI RATNANINGSIH
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Dhewi Teri Ratnaningsih, 210111100038. 2012. Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi. Judul penelitian yaitu “Strategi Komunikasi Penanggulangan Tawuran Pelajar”. Penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus mengenai strategi komunikasi Satgas Pelajar Kota Bogor dalam menanggulangi tawuran pelajar sekolah menengah. Proses penelitian dibimbing oleh Pembimbing Utama H.Hadi Suprapto Arifin, Drs.,M.Si dan Pembimbing Pendamping Nindi Aristi, S.Sos.,M.Comm.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses strategi komunikasi yang digunakan oleh Satgas Pelajar Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam menanggulangi tawuran pelajar sekolah menengah dan memahami alasan penggunaan strategi komunikasi oleh Satgas Pelajar Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam menanggulangi tawuran pelajar sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti menggunakan konsep strategi komunikasi dari Anwar Arifin (1984) untuk melakukan analisis mendalam dan mengkaji fokus penelitian strategi komunikasi Satgas Pelajar Kota Bogor.
Simpulan penelitian ini adalah proses strategi komunikasi yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Pelajar Kota Bogor terbagi dalam tahap persiapan/perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, strategi komunikasi dijalankan di lingkungan sekolah dan luar sekolah. Alasan penggunaan strategi komunikasi tersebut karena pelaksanaan proses stategi komunikasi yang lebih intensif dan menyeluruh. Feedback juga bisa langsung diterima dan terjalin kedekatan personal antara komunikator dan komunikan yang akhirnya berusaha menciptakan efek pesan yang menumbuhkan kesadaran diri untuk menghindari dan tidak mengikuti tawuran pelajar.

Download: File Cover , File Abstrak ,