Abstrak RSS

Strategi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT. Angkasa Pura II

Strategi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT. Angkasa Pura II
AVIA ISNA WURI
Unpad
Indonesia
Unpad
,

ABSTRAK

Avia Isna Wuri, 210111100101 Strategi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Angkasa Pura II Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sebagai Corporate Social Responsibility PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta. Dr. Agus Rahmat, M.Pd sebagai dosen pembimbing utama dan H. Iriana Bakti, Drs., M.Si sebagai dosen pembimbing pendamping Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Bandung.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses Public Relations pada kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan sebagai kegiatan Corporate Social Responsibility PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang diuraikan melalui proses Public Relations dari Frank Jefkins.
Hasil penelitian dari proses Public Relations pada kegiatan Program Kemitraan dan Bina Lingkunan PT Angkasa Pura II adalah pencarian masalah, perencanaan program, mengkomunikasikan atau melaksanakan program, dan mengevaluasinya. Semua itu diatur oleh peran Public Relations pada PT Angkasa Pura II dalam divisi SME-CD. Pencarian masalah ialah tahap awal dimana Public Relations harus jeli apa maslah yang harus dihadapi dan ditangani. Di tahap kedua ialah merencanakan program yang dapat menyelesaikan masalah tersebut. Pada tahap ini terbagi dan tersusunlah job desk masing-masing. Pada tahap selanjutnya pelaksanaan program, setiap job desk haruslah berjalan semestinya dan tak luput dari pengawasan PR. Dan pada tahap akhir ialah evaluasi untuk program yang telah dilaksanakan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Public Relations pada PT Angkasa Pura II divisi SME-CD, telah menerapkan proses Public Relations dengan maksimal. Baik dari perencaan hingga pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan mereka jalankan secara profesional hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan gasil tang maksimal dari terlaksananya Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Angkasa Pura II, perusahaan tak luput dari sorotan baik dari stake holders , pemerintah, dan LSM. Dan ini merupakan salah satu faktor pendukung bagi PT Angkasa Pura II untuk dapat terus berkembang pesat.
Saran untuk peneliti lain yang ingin meneliti proses Public Relations agar mencoba lebih luas lagi mencari informasi perkembangan perusahaan dengan diterapkannya proses Public Relations pada perusahaan tersebut. Sedangkan saran untuk perusahaan tidak ada, namun alangkah baiknya untuk selalu dipertahankan dan bisa terus dikembangkan kekompakan dalam team work tersebut.

ABSTRACT

Avia Isna Wuri, 210111100101 Strategy partnership and Community Development Program PT Angkasa Pura II Qualitative Descriptive Study Strategy partnership and Community Development Program as a Corporate Social Responsibility to PT Angkasa Pura II, Soekarno-Hatta Airport. Dr. Agus Rahmat, M.Pd as the main supervisor lecturer and H. Iriana Bakti, Drs., M.Si as the accompanying advisor lecturer in the Department of Public Relations , Faculty of communication of sciences, University of Padjadjaran, Bandung.

The main purpose of this research is to know how the process of Public Relations on the activities of the partnership and Community Development Program as a Corporate Social Responsibility activities of PT Angkasa Pura II, Soekarno-Hatta Airport. The methods used in this research is descriptive qualitative, described through the process of Public Relations of Frank Jefkins.

The results of research from the process of Public Relations on partnership and Community Development Program activity Environment of PT Angkasa Pura II is a search problem, program planning, communicate or carry out programs, and evaluate. All of that is governed by the role of PR in PT Angkasa Pura II in the SME-CD division. The search problem is an early stage where the PR should be observant what problem that must be faced and dealt with. In the second stage, is planning a program that can solve the problem. At this stage it is politically and tersusunlah job the desk respectively. On the next stage of the implementation of the program, every job the desk must be run properly and cannot escape from the supervision of PR. And the final phase is the evaluation for programs that have been implemented.

The conclusion of this research is Public Relations at PT Angkasa Pura II divis SME-CD, has applied to the maximum Public Relations process. Both from planning to implementation of the Partnership and Community Development they run in a professional manner to obtain maximum results. With pliers gasil most out of the implementation of the Partnership and Community Development PT Angkasa Pura II, the company did not escape the attention either of the stake holders, governments, and NGOs. And this is one of the supporting factors for PT Angkasa Pura II to be able to continue to grow rapidly.

The suggestions for other researchwho want to examine the process of Public Relations in order to try a broader search for information on the progress with the implementation of the companys public relations firm. While there is no suggestion to the company, but it is good to always be maintained and further developed the cohesiveness of the team work.

Download: File Cover , File Abstrak ,