Abstrak RSS

STRATEGI RADIO PR FM BANDUNG DALAM MEMPERTAHANKAN FORMAT JURNALISME WARGA

STRATEGI RADIO PR FM BANDUNG DALAM MEMPERTAHANKAN FORMAT JURNALISME WARGA
MEGA TYARA
Unpad
Indonesia
Unpad
,

ABSTRAK

Mega Tyara 2101-1108-0022, 2012 .Strategi Radio PR FM Bandung dalam Mempertahankan Format Jurnalisme Warga- Suatu Studi Deskriptif Kualitati fMengenai Strategi Radio PR Fm Bandung dalam Mempertahankan Format Jurnalisme Warga. Pembimbing utama Dra.Laswani, M,Si dan pembimbing pendamping PandanYudhapramesti, S.Sos.,MT Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan radio PR FM Bandung dalam mempertahankan format jurnalisme warga dilihat dari segi idealism dan manajemen redaksional Radio PR FM Bandung. Metode yang dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif .Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa strategi yang digunakan Radio PR FM Bandung dalam mempertahankan format jurnalisme warga jika dilihat dari segi idealisme adalah dengan cara membuat program yang dekat dengan masyarakat, sebagai wadah jurnalisme warga. Program tersebut adalah “Berita dari Anda”, “Komentar dari Anda”, dan netizen. Strategi selanjutnya adalah dengan konsisten menyiarkan informasi yang berkualitas bagi masyarakat dan menyiarkan laporan atau pendapat dari warga yang layak siar.
Dari segi manajemen redaksi, strategi yang digunakan adalah Growth Oriented Strategy (mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif). Hal ini dirasa tepat karena perusahaan dapat memanfaatkan peluang secara maksimaldengan menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan. Situasi ini merupakan situasi yang menguntungkan perusahaan.
Penulis menyarankan agar pihak Radio PR FM Bandung memperbaiki segala hal yang dirasa bias menghambat kinerja di Radio PR FM, sehingga format jurnalisme warga yang diterapkan bias terus dipertahankan.

Download: File Cover , File Abstrak ,