Abstrak RSS

HUBUNGAN ANTARA PENCARIAN INFORMASI DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA

HUBUNGAN ANTARA PENCARIAN INFORMASI DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA
YERITA ARIANI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

ABSTRAK

Yerita Ariani, 210111100021, 2010. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Pencarian Informasi dalam facebook dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa” sebuah studi korelasional mengenai hubungan antara pencarian informasi dalam grup facebook info akademik Fikom Unpad kampus Bandung dangan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa Fikom Unpad kampus Bandung. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. H. Dede Mulkan, M,Si. sebagai pembimbing utama dan Aat Ruchiat,S,Sos.M.I.Kom sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara pencarian, penghindaran, dan pemrosesan informasi dengan pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal dan integrasi sosial mahasiswa Fikom Unpad kampus Bandung.
Metode yang digunakan yaitu metode korelasional dengan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah information seeking. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa berstatus mahasiswa aktif hingga tahun akademik 2012/2013 dan juga merupakan anggota dari grup facebook info akademik Fikom Unpad kampus Bandung, yang terdiri dari empat angkatan yaitu angkatan 2008 hingga 2011 dengan jumlah 489 orang mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling acak berstrata kemudian diperoleh jumlah sampel sebanyak 176 orang mahasiswa.
Hasil dari penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan dan cukup berarti antara pencarian informasi dalam grup facebook dengan pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa Fikom Unpad kampus Bandung.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pencarian informasi yang dilakukan mahasiswa pada grup facebook cukup memenuhi kebutuhan mereka terhadap informasi akademik.
Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini kepada pihak pengurus grup facebook info akademik Fikom Unpad kampus Bandung adalah agar lebih mengorganisir kepengurusan secara serius dengan melibatkan staf atau pihak-pihak yang berkompeten untuk menjawab pertanyaan ataupun pernyataan dari mahasiswa ataupun sebaliknya. Selain itu, diharapkan untuk lebih ditingkatkan lagi kualitas penyampaian informasi dari pihak pengurus agar isi informasi lebih lengkap, jelas dan mudah dimengerti bagi mahasiswa ataupun penerima informasi lainnya.

Download: File Cover , File Abstrak ,