Abstrak RSS

PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN

PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP PELAYANAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN
RENDY ADRIAN VANDO
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap pelayanan daerah Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan.Lokasi penelitian ini dilakukan di perpustakaan daerah kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengunjung perpustakaan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Untuk teknik pengambilan datanya dilakukan melalui angket, wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi pengguna terhadap pelayanan perpustakaan daerah Kabupaten Muara Enim secara keseluruhan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari penilaian pengunjung berdasarkan 3 aspek pelayanan, yakni: persepsi terhadap koleksia dalah cukup baik, persepsi terhadap staf adalah kurang baik, dan persepsi terhadap fasilitas pelayanan adalah cukup baik.

Kata Kunci : Pelayanan perpustakaan, persepsi, perpustakaan umum.

ABSTRACT

This studyaimed to determinethe perceptions of visitorsto thelocal servicedistrictof MuaraEnimSouthSumatra Province. Whatresearch is done inthe librarydistrictMuaraEnimSouthSumatra Province.Methods usedin this researchis descriptive methodto the type ofsurveyresearch. The populationin this study isthelibrary patronswith asampling technique usingaccidental samplingtechnique. Fordataretrievaltechniquesdone throughquestionnaires, interviews, observationsand literature study.Based on thesurvey results revealed thatuser perceptionsof thelibrary serviceareaMuaraDistrictEnimoverall prettygood. It canbe seenfrom the assessmentbased onthreeaspects ofvisitorservices, namely: perceptionof thecollectionisquite good, the perception ofthe staffisnot good, andperceptions ofcare facilitiesarequite good.

Keywords:libraryservices, perceptions, public library.

Download: File Cover , File Abstrak ,