Abstrak RSS

Variabilitas dan Korelasi Karakter Biji dengan Karakter Morfologi dan Komponen Hasil 23 Genotip Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench) di Jatinangor.

Variabilitas dan Korelasi Karakter Biji dengan Karakter Morfologi dan Komponen Hasil 23 Genotip Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench) di Jatinangor.
ZENNY SHAFINA LESTARI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

ABSTRAK Zenny Shafina Lestari. 2013. Variabilitas dan Korelasi Karakter Biji dengan Karakter Morfologi dan Komponen Hasil 23 Genotip Sorgum (Sorghum bicolor (L.) Moench) di Jatinangor. Dibimbing oleh Anas dan Neni Rostini. Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi tentang variabilitas karakter biji dan korelasinya dengan karakter morfologi dan komponen hasil 23 genotip sorgum di Jatinangor. Percobaan lapangan telah dilakukan pada bulan April sampai Agustus 2011 di Kebun Percobaan Universitas Padjadjaran Jatinangor. Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Kelompok dengan 23 genotip sebagai perlakuan yang diulang dua kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variabilitas genotipik dan fenotipik yang luas pada karakter biji, karakter morfologi, dan komponen hasil kecuali karakter jumlah daun. Korelasi genotipik dan fenotipik positif ditunjukkan oleh karakter panjang dan lebar biji dengan bobot 1000 biji. Korelasi genotipik dan fenotipik negatif ditunjukkan oleh karakter lebar biji dengan karakter waktu antesis; karakter tebal kulit biji dengan karakter umur panen; dan karakter warna biji dengan tinggi tanaman. Berdasarkan hasil penelitian ini karakter lebar biji dan panjang biji dapat digunakan untuk mengestimasi ukuran biji. Karakter tinggi tanaman yang pendek dapat digunakan untuk menyeleksi warna biji terang (putih/krem). Kata kunci : variabilitas, korelasi, biji, morfologi, komponen hasil, sorgum

Download: File Abstrak ,