Abstrak RSS

Pengaruh Independensi Akuntan Publik, Spesialisasi Auditor Di Bidang Industri Klien, Dan Karakteristik Personal Terhadap Kualitas Audit Serta Implikasinya Terhadap Tingkat Kepercayaan Auditee (Survey Pada Akuntan Publik Yang Terdaftar Di Bapepam-Lk)

Pengaruh Independensi Akuntan Publik, Spesialisasi Auditor Di Bidang Industri Klien, Dan Karakteristik Personal Terhadap Kualitas Audit Serta Implikasinya Terhadap Tingkat Kepercayaan Auditee (Survey Pada Akuntan Publik Yang Terdaftar Di Bapepam-Lk)
R. Wedi Rusmawan Kusumah
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Pengaruh Independensi Akuntan Publik, Spesialisasi Auditor Di Bidang Industri Klien, Dan Karakteristik Personal Terhadap Kualitas Audit Serta Implikasinya Terhadap Tingkat Kepercayaan Auditee (Survey Pada Akuntan Publik Yang Terdaftar Di BAPEPAM-LK) Penelitian ini dilakukan pada 82 akuntan publik terdaftar di BAPEPAM-LK yang bekerja pada 41 Kantor Akuntan Publik di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan media pengumpulan data melalui kuesioner. Responden penelitian ini terbagi dari dua sisi responden, dari sisi akuntan publik adalah para partner, sedangkan dari sisi emiten adalah manajer akuntansi dan keuangan atau internal auditor. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory dengan pengujian hipotesis melalui Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat hubungan antara independensi akuntan publik, spesialisasi auditor di bidang industri klien, dengan karakteristik personal; (2) independensi akuntan publik, spesialisasi auditor di bidang industri klien, dan karakteristik personal berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap kualitas audit; (3) independensi akuntan publik, spesialisasi auditor di bidang industri klien, karakteristik personal, dan kualitas audit berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap tingkat kepercayaan auditee. Penelitian ini menunjukkan menurunnya tingkat kepercayaan auditee atas jasa yang diberikan oleh akuntan publik diakibatkan karena menurunnya kualitas audit yang dihasilkan oleh akuntan publik. Menurunnya kualitas audit yang dihasilkan oleh akuntan publik diakibatkan oleh akuntan publik yang memiliki spesialisasi di bidang industri klien yang baik, namun memiliki karakteristik personal yang buruk, sehingga mengakibatkan akuntan publik tersebut menjadi tidak independen dalam melaksanakan penugasannya, akhirnya akan menurunkan tingkat kepercayaan auditee. Hasil penelitian ini menunjukkan independensi akuntan publik, spesialisasi auditor di bidang industri klien, karakteristik personal, dan kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik Big Four lebih baik dibandingkan Kantor Akuntan Publik Non Big Four. Hal ini pula yang membuktikan bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh akuntan publik yang terjadi di Indonesia lebih banyak dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik Non Big Four.

The Influence of Public Accountant Independence, Auditor industry Specialization, and Personal Characteristics, on Audit Quality and The Implication to Auditee Trust (A Survey on Public Accountant Registered with BAPEPAM-LK) The subjects of this research were 82 auditors who works in 41 Public Accountant Firms in Indonesia. The research used primary data collected from questionnaires. Respondents were split into two categories, those were the public account group which consisted of the partners and the emittent group which consisted of accounting and finance managers or internal auditors. The research used the explanatory method and the hypothesis test used Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS). The results of the study were as follows: (1) there is a correlation between Public Accountant Independence, Auditor’s Industry Specialization, and Personal Characteristics; (2) Public Accountant Independence, Auditor’s industry Specialization, and Personal Characteristics influence the Audit Quality both simultaneously and partially; and (3) Public Accountant Independence, Auditor’s industry Specialization, Personal Characteristics, and Audit Quality influence the Auditee’s Trust level both simultaneously and partially. The result of this research showed that the decline of auditee’s trust level on the service rendered by Public Accountant caused by the decreasing audit quality of the Public Accountant. The decreasing audit quality of the Public Accountant caused by Public Accountant which-in spite of having a good specialization in client industry, but have bad personal characteristics. Therefore, the Public Accountant became unindependent in carrying out the service, and, in the end, it lead to the decline of auditee’s trust level. The research showed that the public accountant independency, auditor’s specialization in client industry, personal characteristics, and audit quality of the Big Four were better than non-Big Four Public Accountant Firm. This also proved that the non-Big Four Public Accountant Firm did more violation than the Big Four in Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id