Abstrak RSS

Peran Pemimpin Terhadap Organisasi Pembelajar Dan Kompetensi Organisasiserta Dampaknya Pada Kinerja Organisasi

Peran Pemimpin Terhadap Organisasi Pembelajar Dan Kompetensi Organisasiserta Dampaknya Pada Kinerja Organisasi
Nurwanti
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Dalam rangka menghasilkan lulusan program studi yang berkualitas dibutuhkan peran pemimpin yang mampu melakukan perubahan paradigma pengelolaan program studi untuk menjawab isu dan masalah strategis pendidikan nasional yaitu daya saing, otonomi atau desentralisasi dan kelembagaan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran pemimpin, organisasi pembelajar, dan kompetensi organisasi terhadap kinerja organisasi, selain itu untuk mengetahui pengaruh peran pemimpin melalui organisasi pembelajar dan kompetensi organisasi serta dampaknya pada kinerja organisasi. Penelitian dilakukan terhadap program studi S1 terakreditasi Perguruan Tinggi Swasta di Jakarta, dengan metode survey, yaitu descriptive dan explanatory.Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model dengan PLS, jumlah sampel adalah sebanyak 110 program studi. Penentuan sampel menggunakan Stratified Random Sampling yaitu tiga strata peringkat akreditasi yaitu A, B dan C, proposional dari keseluruhan 611 program studi. Hasil hipotesis deskriptif adalah peran pemimpin agak tinggi, organisasi pembelajar agak tinggi, kompetensi agak tinggi dan kinerja agak tinggi dalam meningkatan kompetensi lulusan. Hipotesis kedua terdapat pengaruh signifikan peran pemimpin terhadap organisasi pembelajar, adapun artinya adalah semakin baik peran pemimpin berdampak semakin meningkatnya organisasi pembelajar. Untuk hipotesis ke tiga peran pemimpin secara langsung dan tidak langsung melalui organisasi pembelajar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi organisasi, yang artinya semakin baik peran pemimpin dan organisasi pembelajar semakin meningkatnya kompetensi organisasi. Hipotesis keempat dengan hasilnya adalah peran pemimpin dan organisasi pembelajar berpengaruh secara langsung dan tidak langsung melalui kompetensi organisasi terhadap kinerja organisasi, artinya semakin baik peran pemimpin dan organisasi pembelajar maka akan berdampak semakin meningkatnya kinerja organisasi baik secara lngsung atau tidak langsung melalui kompetensi organisasi.

In order to produces a qualified graduates of the course, it takes role of the leaders who is able to change the management paradigm for the study program S1 and the issue of the national education which is competitive, autonomy or decentralization and institutional. Based on this, the purpose of this study is to determine and analyze role of the leaders , learning organization, and organization’s competence of the organization’s performance. Other than that, to determine the effect of role of the leaders by learning organization and organization’s competence, also it’s impact on the organization’s performance of the study program. The research carried out on an accredited S1 courses in Private collages in Jakarta, the method used in this research is survey method, which are descriptive survey and explanatory survey. Structural Equation Model was used as the analysis technique along with PLS, number of sample in total of 110 courses. Determination of the sample using Stratified Random Sampling, which is the three strata of accreditation ratings: A, B, and C, the proportional of the total of 611 courses. The result of the descriptive hypothesis shows role of the leaders, a rather high learning organization, somewhat high organization’s competence and a rather high organization’s performance funding to improve the competence of graduates. The result of the second hypothesis shows that a significant influence of role of the leaders by learning organization, as for the better role of the leaders will influence the growing impact of the learning organization. The result of the third hypothesis shows role of the leaders by learning organization affect the organization’s competence significantly, as for the better role of the leaders and the learning organization will influence the organization’s competence. The result of the fourth hypothesis there is a significant influence over role of the leaders, the variable learning organization and competence on performance, that the better role of the leaders, learning organization and increasing competence will impact performance. The impact of the competence against the performance is small, which means the competence of the course not always give a dominant influence for the performance.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id