Abstrak RSS

Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Di Kabupaten Karawang

Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Di Kabupaten Karawang
Harun Firdaus
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penelitian ini difokuskan pada upaya peningkatan Indeks Pendidikan ditinjau dari pembangunan pendidikan dasar, dengan judul ”Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Di Kabupaten Karawang”. Penelitian ini berangkat dari kenyataan bahwa proses implementasi kebijakan wajib belajar pendidikan dasar dapat efektif jika didukung oleh kapasitas agen-agen pelaksana pendidikan, hubungan antar organisasi pendidikan, sumber daya pendidikan dan dan faktor-faktor lingkungan pendidikan. Lokasi penelitian ini dilakukan di kabupaten Karawang Provinsi Jawa Barat. Dalam penelitian ini, desain yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini berkaitan dengan pandangan aparatur dinas pendidikan Kabupaten dan aparatur pendidikan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di kecamatan dalam mengimplementasikan kebijakan wajib belajar pendidikan dasar di Kabupaten Karawang. Impelementasi kebijakan wajib belajar pendidikan dasar di kabupaten Karawang hasilnya belum sesuai dengan harapan masyarakat karena agen-agen pelaksana pendidikan sebagai implementator belum memiliki kapasitas yang cukup memadai. Hubungan koordinasi yang sinergis dan integratif belum terjadi secara optimal dalam melakukan kerja sama secara fungsional dengan Sekertaris Daerah, Bappeda kabupaten, SKPD bagian asset dan keuangan serta DPRD agar seluruh organ pemerintah daerah dapat mendukung kesuksesan penyelenggaraan wajib belajar pendidikan dasar di kabupaten Karawang. Sumber daya implementasi pendidikanpun masih perlu ditingkatkan dengan cara meningkatkan anggaran pendidikan sesuai dengan kemampuan daerah, meningkatkan kualifikasi dan kompetensi aparatur pelaksana pendidikan serta meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Selain itu, faktor lingkungan yang belum dapat mendukung implementasi kebijakan wajib belajar pendidikan dasar dengan merespon secara positif dan akomodatif tuntutan perubahan dan perkembangan masyarakat sesuai dengan perkembangan IPTEK di lingkungan masyarakat.

The research focused on improving education index in terms of development of basic education, with the title “The Policy Implementation of Compulsory Education on Basic Education In Karawang”. The research departs from the fact that the implementation of compulsory education policy can be effective if supported by the capabilities of implementing agencies; interorganizational relationship; resources for program implementation); and environmental factors. Location of the research was conducted in Karawang of West Java Province. The research the design used a qualitative research approach. The research relates to the district education office view of the apparatus and the apparatus of Education Department of Technical Implementation Unit the district in implementing the policy of compulsory education in district in Karawang. Implementation policy of compulsory education in Karawang results are not in accordance with the expectations of society as implementing agencies of education as the implementer does not have sufficient capacity. The relationship is synergistic and integrative coordination has not occurred optimally in functionally cooperate with the Regional Secretary of the Agency district, the assets and finances as well as the Parliament so that all organs of local government can support the successful implementation of compulsory educationin district. Implementation resources still need to be improved by increasing the education budget in accordance with local capabilities, improve the qualifications and competence of the goverment official of education and improve the quantity and quality of educational facilities and infrastructure. In addition, environmental factors that have not been able to support the implementation of the policy of compulsory education to respond in a positive and accommodating the demands of change and community development in accordance with the development of science and technology in society.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id