Abstrak RSS

Kompetensi Sumber Daya Aparat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Manado (Studi Dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk)

Kompetensi Sumber Daya Aparat Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Manado (Studi Dalam Pelayanan Kartu Tanda Penduduk)
Femmy Tulusan
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Pelayanan publik yang menjadi hal penting dan mendasar dalam bidang administrasi kependudukan yaitu menyangkut data kependudukan. Faktor yang berkaitan dengan pelayanan/pendataan penduduk tidak dapat dipisahkan dari sumber daya manusia penyelenggara. Kompetensi merupakan unsur dorongan yang dapat berubah sikap dan perilaku aparat kea rah sikap dan perilaku yang memiliki dedikasi serta etika moral dengan tujuan mampu melayani masyarakat secara optimal. Dengan melihat berbagai permasalahan yang terjadi dalam pelayanan administrasi kependudukan maka penelitian ini berusaha mempelajari dan menganalisis kompetensi sumber daya aparat dalam pelayanan kartu tanda penduduk dengan mengambil lokasi penelitian di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena bertujuan untuk mendapatkan pemahaman atas fenomena empirik yang utuh atas makna yang terkandung dalam masalah yang dikaji. Peneliti sebagai instruken utama. Data diperoleh melalui observasi langsung di lokasi penelitian, wawancara mendalam kepada sejumlah informan sementara data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini penulis menemukan bahwa Motives, Traits, Self Concept, Knowledge dan Skills yang mendasari aparat dalam pelaksanaan tugas pekerjaan belum memiliki kompetensi tinggi disebabkan oleh karena pemerintah daerah selaku pembina kepegawaian belum menjamin peningkatan karir dan penempatan pegawai sebagaimana prestasi kerja yang telah ditunjukkan aparat serta tidak terpenuhinya sarana penunjang kegiatan pelayanan maupun tidak tersedianya kegiatan pelatihan dan pengembangan kapasitas yang dibutuhkan aparat. Untuk mendapakan pegawai yang memiliki karakter personal yang dapat menunjang pencapaian kerja dalam hal ini dalam pemberian pelayanan yang maksimal bermuarah dari proses perekrutmen sampai pada penempatan pegawai yang lebih kepada kompetensi pendidikan dan keahlian sesuai dengan kebutuhan organisasi. Dengan demikian, konsep yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Pendidikan dan keahlian sesuai dengan kebutuhan organisasi menjadikan aparat yang memiliki kompetensi tinggi dalam pelaksanaan tugas pekerjaan.

The fundamental, significant public service in demographic administration is concerning demographical data. Factors being related to population recording/ service are not apart from human resources of administrator. Competence is the urging element to turn apparatus attitude and behavior into those having dedication and moral ethics, for purpose, capable of serving optimally society. Observing some problems the demographic administrative service faced, the researcher tried to study and analyze competence of apparatus resources in the residence identification card service taking the research location at Demographic Service and Vital Statistics, Manado City. The research is conducted by using qualitative approach as it is designed to acquire understanding of whole empirical phenomena for a meaning born on problems under investigation. The researcher serves as principal instrument here. The data were gathered by direct observations in that location, thoroughly interviews with a number of informants while the data put in The researcher found the underlying Motives, Traits, Self Concept, Knowledge, and Skills in implementation of duty had have not high competence as local government served as official constructor is not yet assure of both increase in career and assignment of employee as performance the apparatus demonstrated, as well as no accomplishment of medium to support service activity and the lack of training activity and capacity development necessary to apparatus. To have employee with personal character to support accomplishment of work, the maximal delivery of service might be realized from recruitment process to assignment of employee with focus on more educational competence and skills in accordance with organizational requirement. Thus, the concepts discovered in this research are education and skills fit organizational requirement to create apparatus with high competence in the implementation of tasks.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id