Abstrak RSS

Prospek Pengembangan Tanaman Pangan Pada Lahan Kering Ditinjau Dari Keputusan Petani Dalam Menerapkan Teknologi Usahatani (Suatu Kasus Pada Petani Tanaman Pangan Lahan Kering Di Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah)

Prospek Pengembangan Tanaman Pangan Pada Lahan Kering Ditinjau Dari Keputusan Petani Dalam Menerapkan Teknologi Usahatani (Suatu Kasus Pada Petani Tanaman Pangan Lahan Kering Di Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah)
Hasmari Noer
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

Penelitian ini adalah mengenai prospek pengembangan tanaman pangan pada lahan kering ditinjau dari keputusan petani dalam menerapkan teknologi usahatani( suatu kasus pada petani tanaman pangan lahan kering di Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pola pengusahaan usahatani komoditas tanaman pangan pada lahan kering, (2) Tingkat penerapan teknologi usahatani komoditas tanaman pangan padalahan kering, (3) Pengaruh faktor internal petani meliputi : umur, pendidikan, pengalaman berusahatani, modal, luas penguasaan lahan dan tingkat pendapatan mempengaruhi petani dalam menerapkan teknologi usahatani komoditas tanaman pangan pada lahan kering, (4) Pengaruh faktor eksternal petani meliputi penyuluhan dan akses terhadap sarana produksi mempengaruhi petani dalam menerapkan teknologi usahatani tanaman pangan pada lahan kering, dan (5) Pengaruh faktor internal dan eksternal petani secara bersama-sama mempengaruhi petani dalam menerapkan teknologi dalam usahatani tanaman pangan pada lahan kering. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif, metode pengumpulan data adalah metode survei. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah Multistage Cluster Random Sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari 120 responden dengan melakukan wawancara menggunakan kuesioner dan pengamatan langsung di lokasi penelitian sedangkan data sekunder dikumpulkan dari dinas dan instansi terkait, literatur serta informasi melalui laporan-laporan yang terkait dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (path Analysis) dan analisis usahatani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan tiga pola tanam : (1) Pola tanam I adalah petani melakukan pola pertanaman sejenis, yaitu padi gogo-padi gogo-palawija, jagung-jagung-palawija, kedele-kedele-sayuran dan kacang tanahkacang tanah- bera. Pola tanam II petani melakukan pola tanam padi gogo- Jagung-sayuran dan Pola Tanam III adalah padi gogo-kedele-bera, (2) Penerapan teknologi budidaya tanaman pangan pada lahan kering di Kabupaten Morowali dalam kategori sedang. (3) Faktor internal petani yang mempengaruhi keputusan petani dalam menerapkan teknologi pada usahatani tanaman pangan pada lahan kering adalah tingkat pendidikan,pengalaman berusahatani, luas penguasaan lahan dan tingkat pendapatan. (4) Faktor eksternal petani yang mempengaruhi keputusan petani dalam menerapkan teknologi pada usahatani tanaman pangan pada lahan kering adalah faktor penyuluhan. (5) Faktor internal dan faktor eksternal petani secara bersama-sama mempengaruhi keputusan petani dalam menerapkan teknologi.

This study was conducted focusing onthe prospectsof dryland food cropsdevelopmentfrom the view points of farmers’ decision in applying farming technologyacase for dryland food crop farmers in the district of Morowali, the province of CentralSulawesi ). The objectives of this study was to evaluate : (1) farming pattern of dryland food cropscommodities (2)the level oftechnology appliedon dry land food cropsfarming, (3)The effect of farmersInternalfactorsin applying farming technology, included age,educational level, farming experience, income levels, capital, and the size of farm land, being occupied, (4) The effect of farmers externalfactors in applying farm technology, included farm extension services, and access upon farm inputs (5)The effect of both, internal and external factorson the use of technology in conducting dry land food crops farming. Research methodology applied included descriptive and verification technique was applied through a survey. Sample farmers wererandomly sorted out. The primary data were collected by interviewing farmers as respondent using questioner. Whereas the the secondary data were collected from the governental offices and related institutions,literatures andsome other references, and other research informatinreportsrelated to this study. Data analysis wasperformed usingpath analysis(pathAnalysis)and analysis offarming. The results of this study (1) Therewere three typesof cropping pattern :single crop, rain-fed rice and corn, andrain-fed rice and soy bean, (2) level oftechnology applied in occupying dryland farming was in the medium category, (3) The internal factorsincluded educational level, farming experience, the size of farm land and income levelsbeing occupied affected significantly upon the farm technology applied, (4). The external factors of farm extension services affected significantly upon the farm technology appliedin conducting dry land food crops farming in the district of Morowali, (5)both internal and external factors affected significantly upon the farm technology applied in conducting dryland food crops farming in the district of Morowali.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi http://cisral.unpad.ac.id