Abstrak RSS

Strategi Kampanye Joko Widodo Basuki Tjahaja Purnama Dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012

Strategi Kampanye Joko Widodo Basuki Tjahaja Purnama Dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012
WIDYASTUTI HUTAMI PUTRI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Widyastuti Hutami Putri. 210111100147, Departemen Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul Strategi Kampanye Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama Dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2012. Studi Kasus Strategi Kampanye Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama Dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2012. Pembimbing utama dalam penelitian ini adalah Dr. Antar Venus., M.A Comm dan pembimbing pendamping yaitu H. Hadi Suprapto Arifin, Drs., M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kampanye politik yang dilakukan oleh tim kampanye pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, hambatan saat kampanye, serta peran tim kampanye.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan mengumpulkan data kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi langsung, dan studi pustaka. Penelitian yang dilakukan penulis dikemas dalam pertanyaan wawancara, yang diajukan kepada key informant pada proses strategi kampanye yaitu tim kampanye, konsultan politik, staff wakil gubernur DKI Jakarta dan relawan yang melaksanakan proses strategi kampanye secara langsung.
Hasil yang didapatkan dari data-data yang dikumpulkan kemudian disusun, dianalisis dan diinterpretasikan secara deskriptif melalui konsep-konsep kampanye politik. Strategi kampanye yang dilakukan oleh tim kampanye Jokowi-Ahok bertujuan untuk dapat memenangkan pemilukada DKI Jakarta 2012, yaitu dengan “blusukan”, sosok, pencitraan serta menggunakan media massa. Hambatan dari kampanye tersebut kurangnya waktu kampanye, dan selalu diterpa isu SARA yang berakibat kurang efektifnya kampanye ke masyarakat.

 

Download: File Cover , File Abstrak ,