Abstrak RSS

POLA HIDUP SEHAT DI PRIANGAN (1911-1942)

POLA HIDUP SEHAT DI PRIANGAN (1911-1942)
FATHIA LESTARI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Skripsi ini berjudul Pola Hidup Sehat di Priangan (1911 – 1942). Tulisan ini membahas perubahan pola yang merupakan salah satu aspek dari gaya hidup. Adapun unsur perubahannya meliputi dari pikiran, perilaku, dan penampilan (pola hidup sehat) masyarakat Priangan tahun 1911-1942. Perubahan pola hidup sehat dilihat dari beberapa indikator, diantaranya adalah aktivitas ibu dan anak, pola penjagaan kesehatan badan, pola makan dan minum, serta pola sanitasi. Perubahan sosial masyarakat dan peran media massa menjadi faktor utama perubahan. Sementara itu, adat istiadat masyarakat menjadi latar belakang masalahnya.
Metode penelitian yang digunakan untuk menyusun penelitian ini adalah metode sejarah. Metode sejarah memiliki empat tahapan kerja, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan adanya budaya, agama dan struktur sosial menjadikan pola hidup masyarakat Priangan mengalami perubahan. Melalui media massa yang digunakan sebagai alat komunikasi terjadilah penambahan wawasan dan ilmu pengetahuan di masyarakat dalam berpikir dan berperilaku, sehingga mengubah cara mereka memandang dan beraktivitas untuk menjadi sehat. Menjadikan perubahan pola hidup sehat non barat menjadi pola hidup sehat barat.