Abstrak RSS

Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Umum Pikiran Rakyat

Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Umum Pikiran Rakyat
HENDRA SUTRISMA
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

 

Hendra Sutrisma, K1C050038,
Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas
Padjadjaran. Judul penelitian yaitu “Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Umum
Pikiran Rakyat”. Pembimbing utama      Dr. Asep Suryana, M.Si., pembimbing pendamping,
Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Harian Umum Pikiran Rakyat
mengembangkan strategi komunikasi pemasaran, dan mengetahui alasan Harian Umum Pikiran Rakyat mengembangkan strategi komunikasi
pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah Harian Umum Pikiran Rakyat mengembangkan
beragam strategi komunikasi pemasaran. Bauran promosi seperti periklanan, pemasaran langsung,
penjualan pribadi, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat merupakan
kegiatan PT. Pikiran Rakyat dalam mempromosikan produknya. Kegiatan tersebut
meliputi pemberian diskon khusus kepada pelanggan, menyelenggarakan acara,
menjadi sponsor, aktivitas pelayanan publik, publikasi, periklanan, dan
lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, PT. Pikiran
Rakyat membentuk sebuah radio komersial, yaitu radio mustika FM. Kemudian
perusahaan media ini juga membuat media online,pikiran rakyat online, dengan alamat situs www.pikiran-rakyat.com.Kesimpulan
dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan PT. Pikiran Rakyat berjalan dengan baik dan efektif. Meningkatnya
persaingan di dunia bisnis surat kabar, dan semakin menurunnya tingkat membaca
di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, mendorong Harian Umum Pikiran Rakyat
mengembangkan konsep strategi komunikasi pemasaran yang efektif dan efisien.
Sedangkan saran peneliti adalah strategi
komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT. Pikiran Rakyat dalam mempromosikan
produk dan perusahaan agar tetap dipertahankan, bahkan diusahakan untuk lebih
ditingkatkan dengan cara penyampaian pesan yang jelas, singkat dan mudah untuk
dipahami serta melakukan promosi yang bisa menjangkau daerah-daerah yang tidak
terjangkau.


ABSTRACT

Hendra
Sutrisma, K1C050038, Majoring in Management of Communication, Faculty of
Communication Science, Padjadjaran University, The title of the research is “Marketing
Communication Strategy of Pikiran Rakyat Daily News”. Main Advisor
Dr. Asep Suryana, M.Si, Accompanying Advisor, Agus
Setiaman, S.Sos., M.I.Kom.
The
purpose of this research is to know how Harian Umum Pikiran Rakyat develops
Marketing Communication Strategy, and find out why do the company develops that
strategy. This research using qualitative method with case study approach. Data
collection techniques used in this study are in-depth interviews, participant
observation, and literature study. The
results of this research shows that Pikiran Rakyat Daily News develops various
marketing communication strategy. Promotion mix such as advertising, direct marketing,
personal selling, sales promotion and public relations are the marketing activities
of PT. Pikiran Rakyat to promote their products. These activities include the
provision of special discounts to customers, organizing events, sponsorship,
public service activity, publishing, advertising, and others. To meet the needs
of the community for information, PT. Pikiran Rakyat establishing a radio
commercial which is Mustika FM radio. Then this media company also makes online
media, pikiran rakyat online, with site www.pikiran-rakyat.com.
The
conclusion of this research is the marketing communication strategy used by PT.
Pikiran Rakyat goes well and effectively. by performing activities such as
giving special discounts to customers, organizing events, sponsorship, public
service activities, publications, advertising, and others.
Pikiran Rakyat Daily News develops the concept
of effective and efficient marketing communication strategy, due to increased
competition in the newspaper business, and the decline in reading level in
Indonesia, especially in West Java.

The researcher suggest is the marketing
communication strategies used by PT. Pikiran Rakyat in promoting products and
company to be maintained, and even sought to be further enhanced by delivering
clear message, concise and easy to understand along with carry out the
promotion that can reach areas where inaccessible.

Download: File Cover , File Abstrak ,