Abstrak RSS

STRATEGI BRAND ACTIVATION PT. BINTANG TOEDJOE DALAM KEGIATAN DTECTIVE

STRATEGI BRAND ACTIVATION PT. BINTANG TOEDJOE DALAM KEGIATAN DTECTIVE
GIZA RISDYNIA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , ,

ABSTRAK

Giza Risdynia, 210110090266. Strategi Brand Activation PT. Bintang Toedjoe Dalam Kegiatan “DTective”. Dr. Asep Suryana, M.Si selaku pembimbing utama; dan Prof. Uud Wahyudin, S.Sos, M.Si selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini diajukan sebagai salah satu persyaratan untuk siding akhir Program S1 Jurusan Manajemen Komunikasi Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi brand activation PT. Bintang Toedjoe dalam kegiatan ”DTective” bersama Prambors 98.4 FM di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data melalu wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi, dan materi audio-visual untuk memperkaya khasanah penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bintang Toedjoe melakukan strategi brand activation untuk mempromosikan varian baru obat batuk Komix DT kemasan tube. Dalam melakukan brand activation ini PT. Bintang Toedjoe bekerjasama dengan Prambors 98.4 FM. Brand activation tersebut dilakukan melalui kegiatan bertemakan ”DTective” yang dilaksanakan di empat universitas di kota Bandung.
Kesimpulan menunjukkan bahwa PT. Bintang Toedjoe melakukan brand activation di universitas di kota Bandung untuk menumbuhkan brand awareness target khalayak terhadap merek Komix DT. Pemilihan Prambors 98.4 FM sebagai perancang dan pelaksana karena radio ini memiliki segmentasi yang sama dengan segmentasi Komix DT, yakni anak muda yang modern dan eksklusif. Strategi yang digunakan untuk mendekatkan merek dengan target khalayak adalah dengan menyelenggarakan pre-event dan event ”DTective” yang berisi games interaktif berhadiah dan edukasi yang berkaitan dengan obat batuk Komix DT.

ABSTRACT

Giza Risdynia, 210110090266. Strategy of PT. Bintang Toedjoe Brand Activation in “DTective” Event. Dr. Asep Suryana, M.Si. as a main mentor; and Prof. Uud Wahyudin S.Sos., M.Si as a co-mentor. This research is field as one of the requirements for final session of S1 Programme, Majoring Communication Management, Communication Faculty, Padjadjaran University.
The purpose of this study was to determine Strategy of PT. Bintang Toedjoe Brand Activation in “DTective” Event with Prambors 98.4 FM in Bandung. This research uses Qualitative research method with case study approach and techniques for data collection uses depth interview, observation, literature references and study, and audio-visual material to enrich the study documentation.
The result showed that PT. Bintang Todjoe pursuing the brand activation strategy to promote the new varian of cough medicine Komix DT in tube. PT. Bintang Toedjoe and Prambors 98.4 FM are collaborating for this brand activation. The brand activation is “DTective” which is organized through an event named “DTective” at four university in Bandung.
The conclusion showed that PT. Bintang Toedjoe pursuing the brand activation at some Bandung universities to grow the brand awareness of target audience. The election of Prambors 98.4 FM as a designers and executor caused by this radio has a segmentation as same as Komix DT, which is the modern and exclusive teenagers. They applied the strategy by organized an pre-event and event named “DTective” to make an emotional experience between brand and target audience. This event showed some interactive games and education which are related with Komix DT brand.

Download: File Cover , File Abstrak ,