Abstrak RSS

Strategi Online Marketing Communication

Strategi Online Marketing Communication
ADITYA PRAYUDA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

ABSTRAK
Aditya Prayuda, 2010110090249, 2013. Judul penelitian ini adalah Strategi Online Marketing Communication “AirAsia Indonesia” Melalui Twitter. Dibawah bimbingan Slamet Mulyana, Drs.,M.I.Kom dan Uud Wahyudin S.Sos., M.Si. sebagai pembimbing pendamping. Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kegiatan online marketing communication “AirAsia Indonesia” melalui twitter, pelaksanaan kegiatan online marketing communication “AirAsia Indonesia” melalui twitter dan evaluasi kegiatan online marketing communication “AirAsia Indonesia” melalui twitter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, dan studi dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh “AirAsia Indonesia” melalui Twitter dilaksanakan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang optimal.
Kesimpulan menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan online marketing communication yang dilakukan oleh “AirAsia Indonesia” melalui twitter dilakukan pada tahapan penetapan tujuan, survey kompetitor, meeting, marketing plan, dan social media plan, pelaksanaan kegiatan online marketing communication yang dilakukan oleh “AirAsia Indonesia” melalui twitter dilakukan pada tahapan teaser, tweet, tweet ulang dan chirpstory dan evaluasi kegiatan online marketing communication yang dilakukan oleh “AirAsia Indonesia” melalui twitter dilakukan pada mengecek ulang konten tweet, evaluasi materi tweet, dan hasil evaluasi.

ABSTRACT
Aditya Prayuda, 210110090249, 2013. Title of the research is Online Marketing Communication Strategies “AirAsia Indonesia” Via Twitter. Under of Slamet Mulyana, Drs.,M.I.Kom as a main mentor, and Uud Wahyudin S.Sos, Msi. as a companion mentor. Department of Management Communication, Faculty of Communication Sciences, Padjadjaran University.
The purpose of this research was to know planning of online marketing communication activities “AirAsia Indonesia” via twitter, implementation of online marketing communication activities “AirAsia Indonesia” via twitter, and evaluation of online marketing communication activities “AirAsia Indonesia” via twitter. This research uses qualitative research methods with descriptive case studies and engineering approach to data collection using in-depth interviews, observation, study of librarianship and documentation study.
The result of this research shows that the marketing communication activities taken by “AirAsia Indonesia” via twitter is carried out through an optimal planning, implementation, and evaluation.
The conclusion shows that the online marketing communication planning activities taken by “AirAsia Indonesia” via twitter is performed on goal setting stage, competitors survey, meetings, marketing plans, and plan social media. The online marketing communication activities that is taken by this airline company via twitter, is performed on stage teaser, tweet, re-tweet, and chirp stories. The online marketing communication activities evaluation is based on re-check of the tweets’ content, tweets’ material evaluation, and outcomes of the evaluation.

Download: File Cover , File Abstrak ,