Abstrak RSS

STRATEGI KOMUNIKASI TIM SOSIALISASI 4 PILAR DALAM RANGKA SOSIALISASI WAWASAN KEBANGSAAN

STRATEGI KOMUNIKASI TIM SOSIALISASI 4 PILAR DALAM RANGKA SOSIALISASI WAWASAN KEBANGSAAN
INTAN PUSPITA M
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Intan Puspita Mawarkristy, 210111100046. 2013. Universitas Padjadjaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, jurusan Manajemen Komunikasi,. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Tim Sosialisasi 4 Pilar dalam Rangka Sosialisasi Wawasan Kebangsaan” dengan pembimbing utama Agus Setiaman S.Sos., M.Si., dan pembimbing pendamping Iwan Koswara, Drs., M.Si.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi strategi komunikasi Tim Sosialisasi 4 Pilar MPR RI dalam mensosialisasikan wawasan kebangsaan kepada para mahasiswa, serta alasan mengapa Tim Sosialisasi 4 Pilar menggunakan strategi tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui teknik observasi langsung, wawancara, serta studi pustaka.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulan bahwa proses strategi komunikasi yang dilakukan Tim Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yakni: perencanaan meliputi penentuan tema, penyusunan materi, penentuan narasumber, penentuan waktu dan lokasi. Pelaksanaan dikemas dalam bentuk talkshow sudah berjalan baik meskipun masih terhambat machine and human error. Evaluasi melalui pembuatan laporan pertanggungjawaban yang meliputi laporan kegiatan serta pencatatan kendala pelaksanaan hingga mencari solusi untuk meminimalkan kendala pada acara berikutnya juga sudah berjalan dengan baik. Alasan penggunaan strategi komunikasi “serius tetapi santai” karena tim sosialisasi ingin menyampaikan isi materi dengan situasi yang menyenangkan.

Download: File Cover , File Abstrak ,