Abstrak RSS

Strategi Marketing Public Relations Taman Mini Indonesia Indah melalui Kegiatan Bulan Peringatan HUT Ke-38

Strategi Marketing Public Relations Taman Mini Indonesia Indah melalui Kegiatan Bulan Peringatan HUT Ke-38
MEUTIA THAHIRA
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Meutia Thahira, 210110090049. Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Strategi Marketing Public Relations Taman Mini Indonesia Indah melalui Kegiatan Bulan Peringatan HUT Ke-38.Dengan pembimbing Dr.Susanne Dida,M.M sebagai pembimbing utama dan Diah Fatma.,S.E.,M.Si, sebagai pembimbing pendamping.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan proses marketing public relations TMII dalam kegiatan Bulan Peringatan HUT ke-38 sebagai salah satu special events perusahaan dalan rangka menarik perhatian masyarakat kepada museum berupa analisis situasi, perencanaan, impelentasi dan evaluasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap analisis situasi, TMII melakukan proses analisis SWOT, analisis perusahaan dan analisis lingkungan. Pada proses perencanaan, TMII melakukan penetapan tujuan, penetapan sasaran dan pesan apa yang akan disampaikan kepada masyarakat melalui kegiatan ini. Pada proses implementasi, TMII menciptakan banyak kegiatan untuk mempromosikan kekayaan budaya Indonesia dan keanekaragaman hayati (flora dan fauna) yang dikemas melalui kegiatan pendidikan dan hiburan. Pada proses evaluasi, TMII melihat keberhasilan kegiatan melalui pemberitaan media baik cetak maupun elektronik dan jumlah pengunjung yang hadir. Selain itu, TMII juga mempersiapkan rencana perbaikan untuk acara serupa di masa yang akan datang.
Saran yang diberikan kepada manajemen yaitu memberikan nilai tambah pada kegiatan pameran di paviliun provinsi dan museum serta membuat program pendidikan yang lebih menarik sebagai upaya untuk mengatasi tantangan TMII.

Download: File Cover , File Abstrak ,