Abstrak RSS

HUBUNGAN ANTARA

HUBUNGAN ANTARA
MELLY MARETHA SANDI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Melly Maretha Sandi, 210111060577. Jurusan Hubungan Masyarakat. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran Bandung, 2013. Melakukan penelitian dengan judul “Hubungan Antara “Pelatihan Menyusui” Dengan Sikap Ibu Terhadap Pentingnya Air Susu Ibu (ASI) Di Puskesmas Cibiru Hilir”. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. H. Dede Mulkan, M.Si sebagai pembimbing utama dan Dra. Feliza Zubair, M.Si sebagai pembimbing pendamping. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian adalah untuk mengetahui hubungan atara faktor sumber Pelatihan “Menyusui” dengan sikap ibu sari perubahan opini, persepsi, afeksi, dan perilaku terhadap pentingnya Air Susu Ibu (ASI) di Puskesmas Cibiru Hilir.
Penelitian ini mengunakan metode Korelasional dengan teknik pengumpulan data : kusioner (angket), wawancara, observasi, dan studi pustaka. Responden dalam penelitian ini adalah ibu – ibu ysng memiliki bayi berusia 0-6 bulan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Cibiru Hilir. Jumlah sample adalah 32 ibu sebagai responden. Pengolahan data dilakukan dengan mengunakan Rank Spearman dan Alpha Cronbach. Pembahasan penelitian mengunakan teori Instrumental Theory of Persuasion.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Pelatihan “Menyusui” dengan sikap ibu terhadap kesadaran pentingnya Air Susu Ibu (ASI) di Puskesmas Cibiru Hilir.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan kuat yang signifikan antara Pelatihan “Menyusui” dengan sikap ibu terhadap pentingnya Air Susu Ibu (ASI) di Puskesmas Cibiru Hilir. Penulis menyarankan agar komunikator Pelatihan “Menyusui” meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada peserta dan isi dari materinya tidak terlalu banyak menggunakan kata – kata medis yang sulit dimengerti oleh para peserta.

Download: File Cover , File Abstrak ,