Abstrak RSS

Strategi Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Jelekong Oleh Dispopar Kabupaten Bandung

Strategi Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Jelekong Oleh Dispopar Kabupaten Bandung
SITI ANNISA CAHYATI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Siti Annisa Cahyati. 210110110609. 2013. Strategi Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Jelekong oleh Dinas pemuda olahraga dan pariwisata (Dispopar) Kabupaten Bandung dengan sub judul Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Promosi Desa Wisata Jelekong Kabupaten Bandung. Program S-1 Fakultas Ilmu Komunikasi kampus Bandung. Sub Program Studi Hubungan Masyarakat, Universitas Padjadjaran, di bawah bimbingan Dr. Siti Karlinah, M.Si sebagai pembimbing utama dan Aang Koswara, S.Sos., M.Si. sebagai pembimbing pendamping.
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana isi pesan, media dan keterlibatan stakeholder dalam pengelolaan Desa Wisata Jelekong dalam meningkatkan pengunjung ke Desa Wisata Jelekong. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi pustakaan. Objek observasi adalah Kompepar Desa Wisata Jelekong dan Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata(Dispopar) Kabupaten Bandung.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dinas pemuda olahraga dan pariwisata (Dispopar) memilih isi pesan melalui dua jenis ide yang terdiri dari ide rasional dan ide moral, ide rasional yakni dengan menggunakan produk sebagai pesan utama, sedangkan isi pesan dari ide moral yang dilakukan oleh Dispopar dalam pengelolaan Desa Wisata Jelekong yakni melalui “Sapta Pesona”. Dispopar menggunakan media promosi bellow the line yang diantaranya adalah melalui billboard, leaflet, dan event sedangkan media above the line yakni melalui media elektronik seperti radio, televisi, media cetak dan media elektronik. Dalam pengelolaan desa wisata Jelekong stakeholder sekunder berperan lebih banyak dibandingkan dengan stakeholder primer. Saran ada baiknya untuk menjalin kerjasama dengan media elektronik lokal maupun nasional, menambah jumlah SDM agar dapat mencapai hasil kerja yang lebih maksimal dan memuaskan.

Download: File Cover , File Abstrak ,