Abstrak RSS

STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL MAJALAH “KILAU”UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI STAF PT.TELEKOMUNIKASI Tbk.

STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA INTERNAL MAJALAH “KILAU”UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI STAF PT.TELEKOMUNIKASI Tbk.
MUHAMMAD FARIZAN ZAKIRI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Muhammad Farizan Zakiri, Jurusan Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Bandung 2011. Melakukan penelitian dengan judul “ Strategi Penggunaan Media Internal Majalah “Kilau” Untuk Pemenuhan Kebutuhan Informasi Staff PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk”. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Agus Setiaman, S.Sos., M.Si, sebagai Pembimbing Utama dan H.M. Fakhrudi Akbar S.Sos., M.Si., sebagai Pembimbing Pedamping. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Internal Majalah “KILAU” Untuk Pemenuhan Kebutuhan Informasi Staff PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.. Teori dalam penelitian ini menggunakan Information Seeking Theory.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data: angket, wawancara, dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Telkom Indonesia di Kantor Pusat Telkom Indonesia Jalan Djapati No.1 Bandung dan Kantor Cabang Telkom Indonesia Jalan Jenderal Gatot Subroto di kota Jakarta, kemudian untuk pengambilan sampel menggunakan Sampel Strata Proporsional karena sampel terdiri dari populasi yang heterogen karena tediri dari berbagai departemen namun harus dibagi kedalam strata yang homogen atau seragam. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Product Moment dan Alpha Cronbach.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Majalah “Kilau” telah menjadi media pemenuhan kebutuhan informasi perusahaan yakni Telkom Indonesia dengan baik, namun intensitas membaca yang dilakukan oleh staff Telkom Indonesia masih jarang dilakukan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media internal majalah “Kilau” di Telkom Indonesia telah memberikan informasi seputar perusahaan dengan baik, juga informasi mengenai berita umum, namun intensitas membaca yang dilakukan oleh Telkom Indonesia masih jarang dilakukan. Selama ini para staff Telkom Indonesia hanya membaca dalam waktu tertentu saja.
Adapun saran dari penelitian ini adalah sebaiknya Telkom Indonesia lebih memperkaya kembali redaksi dalam majalah “Kilau” serta lebih mengatur pendistribusian majalah “Kilau” dengan memperhatikan aspek pendistribusian menggunakan system softcopy melalui surel dengan mengirimkan e-magazine dan lebih memperbanyak porsi informasi seputar internal Telkom Indonesia.

Download: File Cover , File Abstrak ,