Abstrak RSS

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANDUNG TAXIBIKE DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN KOMPETITOR SEJENIS

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANDUNG TAXIBIKE DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN KOMPETITOR SEJENIS
RINI PURWO ASTUTI
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Rini Purwo Astuti, 210110110527, 2013, “Strategi Komunikasi Pemasaran Bandung Taxibike Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Kompetitor Sejenis”. Pembimbing utama Agus Setiaman, S.sos., M.I.Kom dan pembimbing pendamping Teddy Kurnia Wirakusumah, Drs., M.Ikom, Manajemen Komunikasi, Fakultas I.lmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Bandung Taxibike dalam menarik konsumen. Unsur-unsur penelitian berkaitan dengan: tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan alat rekam. Informan kunci berjumlah 2 orang, dimana informan pendukung untuk penelitian ini berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa tahap dalam merencanakan strategi komunikasi pemasaran Bandung Taxibike agar jasa yang ditawarkan diterima di masyarakat. Langkah awal dalam memulai Bandung Taxibike adalah menentukan visi strategis mengenai kemana perusahaan akan bergerak. Perusahaan kemudian menetapkan tujuan dengan mengubah pandangan strategis menjadi hasil kinerja spesifik yang harus dicapai perusahaan. Setelah itu barulah perusahaan merumuskan strategi komunikasi pemasaran yang dipilih untuk mencapai hasil yang diinginkan. Hal ini dilakukan dengan alasan agar ketika strategi komunikasi pemasaran dilaksanakan, perusahaan sudah dalam keadaan siap sehingga dapat memenuhi ekspektasi konsumen Bandung Taxibike. Kegiatan pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Bandung Taxibike dalam tujuannya menarik konsumen ini terbukti efektif dilihat dari permintaan pasar yang terus bertambah.

Download: File Cover , File Abstrak ,