Abstrak RSS

Pengaruh Pencarian Informasi Melalui @infoimunisasi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers

Pengaruh Pencarian Informasi Melalui @infoimunisasi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers
DINI SAENTYA DEWI AMINAH
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Dini Saentya Dewi A. 210110110650. 2014. Jurusan Manajemen Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pencarian Informasi Melalui @infoimunisasi Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr. Asep Suryana, M.Si sebagai pembimbing utama dan Iwan Koswara, Drs., M.Si sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara pencarian informasi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers mengenai imunisasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah information seeking theory.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis jalur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan studi pustaka. Sampel dari penelitian ini adalah followers dari akun @infoimunisasi yang ditarik menggunakan teknik penarikan sampel acak sederhana. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pencarian informasi terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan informasi terhadap pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, integrasi sosial, dan berkhayal. Penghindaran informasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan berkhayal, dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penghindaran informasi terhadap pemenuhan kebutuhan kognitif, afektif, integrasi personal, dan integrasi sosial.
Peneliti menyarankan hendaknya @infoimunisasi memperkaya informasi dengan memberikan informasi yang lebih lengkap, jelas, mudah dipahami, akurat, dan tidak monoton agar dapat memenuhi kebutuhan kognitif dan afektif followers. Hendaknya @infoimunisasi mencantumkan sumber terpercaya agar followers lebih percaya dan bergantung terhadap informasi yang disajikan. Selain itu hendaknya @infoimunisasi menyediakan sarana diskusi untuk followers supaya dapat terjalin keakraban sesama followers.

Download: File Cover , File Abstrak ,