Abstrak RSS

Strategi Marketing Public Relations (MPR) dalam Penjualan Telkomsel Flash

Strategi Marketing Public Relations (MPR) dalam Penjualan Telkomsel Flash
RATIH NURALIFIA PRIMADESKA
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Ratih Nuralifia Primadeska, 210110110537, 2013, Jurusan Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Judul penelitian “Strategi Marketing Public Relations (MPR) Dalam Penjualan Telkomsel Flash”, dengan Dr. Yanti Setianti, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing utama dan Diah Fatma Sjoraida, S.E., M.Si selaku dosen pembimbing pendamping.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi push, pull, pass marketing public relations penjualan telkomsel flash yang dilakukan oleh para telkomsel personal representative (TPR). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui tiga cara, yaitu wawancara mendalam, observasi, analisis dokumen. Sumber data terdiri atas data primer yang diperoleh dari informan dan data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Grapari Telkomsel yang ada di Gedung Wahana Bakti Pos Lt.2 Jl. Banda no.30 Bandung 40115.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penjualan telkomsel flash dilakukan melalui aplikasi three ways strategy (strategi tiga taktik) yaitu push, pull, pass strategy. Push strategy yang dilakukan adalah hadirnya menu browser *363# yang memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai telkomsel flash, reputasi telkomsel sebagai provider nomer satu di Indonesia dengan mencapai 120 juta pelanggan, pilihan paket yang variatif. Pull strategy yang dilakukan adalah dengan menyediakan speed test agar pelanggan bisa melihat sendiri bagaimana kecepatan yang didapat dengan menggunakan telkomsel flash, setiap pengaktifan paket flash akan diberikan hadiah, kerja sama dengan smartphone atau gadget dengan pemberian bonus paket bundling telkomsel flash. Pass strategy yang dilakukan adalah dengan edukasi yang berguna agar customer mendapatkan informasi tentang produk telkomsel flash.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa bentuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh TPR adalah melakukan pull, push, pass strategy yaitu dengan menghadirkan menu browser *363#, reputasi telkomsel sebagai provider nomer satu di Indonesia dengan 120 juta pelanggan, pilihan paket yang variatif, menyediakan speed test, setiap pengaktifan paket flash diberikan reward atau hadiah, kerja sama dengan smartphone atau gadget dengan pemberian bonus paket bundling telkomsel flash, dan edukasi yang berguna agar customer mendapatkan informasi tentang telkomsel flash.

Download: File Cover , File Abstrak ,