Abstrak RSS

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Budidaya Bandeng (Chanos chanos) (Studi Kasus Di Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu).

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Budidaya Bandeng (Chanos chanos) (Studi Kasus Di Kecamatan Pasekan Kabupaten Indramayu).
NAYLATUROHMAH
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Bandeng merupakan salah satu komoditas unggulan di Indramayu, dimana Kecamatan Pasekan merupakan daerah dengan pembudidaya bandeng tertinggi di Kabupaten Indramayu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas serta menganalisis tingkat produktivitas bandeng di Kecamatan Pasekan – Indramayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan penyebaran kuisioner. Jumlah responden yang dijadikan sampel adalah 95 orang pembudidaya. Hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen secara signifikan, dimana variabel yang berpengaruh besar terhadap produktivitas berdasarkan biaya adalah konversi pakan dan variabel yang berpengaruh besar terhadap produktivitas berdasarkan luas adalah luas lahan. Tingkat produktivitas berdasarkan biaya tergolong rendah karena biaya produksi yang dikeluarkan mayoritas pembudidaya lebih tinggi dari pada harga jual dan tingkat produktivitas berdasarkan luas juga tergolong rendah karena dari 1m2 luas lahan yang dimiliki mayoritas pembudaya hanya menghasilkan produksi kurang dari 0,2 kg/m2/th.