Abstrak RSS

Hubungan Antara Pencarian Informasi Dalam Majalah Investor Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Investor Mengenai Pasar Modal

Hubungan Antara Pencarian Informasi Dalam Majalah Investor Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Investor Mengenai Pasar Modal
RYANA ARY ARYUNI
Unpad
Indonesia
Unpad
,

Ryana Ary Aryuni. 210110077111. Ilmu Hubungan Masyarakat. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran. Dr. Agus Rakhmat,M.Pd sebagai pembimbing utama dan Drs. Rosnandar Romli, M.Si sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini berjudul “ Hubungan Antara Pencarian Informasi Dalam Majalah Investor Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Investor Mengenai Pasar Modal ”.
Penelitian ini menggunakan teori information seeking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pencarian informasi dalam majalah investor yang terdiri atas pengalaman individu, image reality dan pengetahuan sebelum membaca dengan pemenuhan kebutuhan informasi investor mengenai pasar modal yang terdiri dari aspek kognitif,afektif,integrasi personal, integrasi sosial dan pelepasan atau berkhayal.
Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan teknik analisis data deskriptif dan inferensial melalui uji hipotesis Rank Spearman. Sample dari penelitian ini adalah para pembaca majalah investor yang ada di pasar modal.
Sample diambil menggunakan teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling (Sampling Berstrata Proporsional). Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dua sumber yaitu data primer yang diperoleh melalui angket dengan cara mengumpulkan data 105 responden. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui observasi, studi pustaka dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan antara pencarian informasi dalam majalah investor dengan pemenuhan kebutuhan informasi investor mengenai pasar modal. Hubungan cukup berarti juga membuktikan asumsi teori information seeking yang menyatakan adanya hubungan antara pencarian, penghindaran dan pemrosesan informasi yang dibutuhkan investor dengan pemenuhan kebutuhan investor mengenai pasar modal di dalam majalah investor.
Penulis menyarankan sebaiknya pesan yang disampaikan dalam majalah investor dapat di pahami oleh pembaca, beberapa aspek yang di tampilkan seharusnya mendukung seseorang untuk menanamkan sahamnya pada pasar modal dan dapat di pahami oleh masyarakat yang ingin menanamkan saham di pasar modal.

Download: File Cover , File Abstrak ,