Abstrak RSS

Strategi Promosi Industri Garment (Studi Kasus Promosi Produk Pakaian Tidur pada PT. Leading Garment Industries, Bandung)

Strategi Promosi Industri Garment (Studi Kasus Promosi Produk Pakaian Tidur pada PT. Leading Garment Industries, Bandung)
REGINA JOSEPHINE
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Regina Josephine. 210120110014. STRATEGI PROMOSI INDUSTRI GARMENT, Studi Kasus Promosi Produk Pakaian Tidur pada PT. Leading Garment Industries, Bandung. Ketua Tim Pembimbing Dr. Asep Suryana, M.Si. dan Anggota Tim Pembimbing Prof. Dr. H. Soleh Soemirat, MS.. Program Magister Ilmu Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang telah diterapkan di PT. Leading Garment Industries sehingga perusahaan tersebut dapat bertahan selama 33 tahun dengan mengutamakan produk sleepwear untuk pangsa pasar internasional dan bersaing secara global dengan menganalisis kondisi internal, eksternal, dan strategi promosi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara internal, kegiatan promosi di PT. LGI dilakukan oleh departemen marketing di bawah pengawasan supervisor dan manajer marketing tanpa dasar strategis yang tertulis secara pasti dan jelas namun melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Secara eksternal PT. LGI telah dikenal sejak lama sebagai produsen sleepwear dengan orientasi ekspor berkualitas tinggi dan menjadi top of mind di industri garment internasional dengan kualifikasi dan track record yang baik dari sisi kualitas dan waktu serta sertifikasi yang up to date juga didukung oleh hubungan yang baik dengan buyer atau agent yang telah terbina.
Strategi promosi dilakukan dengan memanfaatkan dua tools of promotion, yaitu direct marketing dan personal selling di mana setiap staf marketing menangani buyer atau agent tertentu agar promosi menjadi bersifat personal, dan buyer atau agent merasa dilayani secara personal, serta terbangun hubungan personal yang baik antara staf marketing tersebut dengan buyer atau agent.

Kata Kunci :
Strategi Promosi, Industri Garment, Bisnis Pakaian Tidur, Pemasaran Langsung dan Penjualan Tatap Muka

ABSTRACT

Regina Josephine. 210120110014. PROMOTION STRATEGY OF GARMENT INDUSTRY, Case Study of Sleepwear Product Promotions of PT. Leading Garment Industries, Bandung. Dr. Asep Suryana, M.Si. as Principal supervisor, and Prof. Dr. H. Soleh Soemirat, MS. as co supervisor. Master of Communication Science Programme, Communication Science Study Programme, Padjadjaran University.
The present study is intended to investigate the promotional strategies applied for 33 years by PT. Leading Garment Industries producing sleepwear for international market and facing global competition by analyzing internal and external conditions, and strategic promotion. This research uses Case Study method.
Results of the present study revealed that the promotion activities are held through internal planning-actuating-evaluating steps under the marketing supervisor and manager control without any written regulations. The external condition shows that PT. LGI is a top-of-mind well-known sleepwear factory which produced high export quality products in the international garment industries. The factory has proven best qualifications and track records in quality and time factors updated on its sertifications and supported by maintained good relations with its buyers and agents.
The promotional strategies of PT LGI uses two tools of promotions, direct marketing and personal selling, which are applied by certain marketing staffs to certain buyers or agents in order to promote and serve buyers or agents personally, and also build good personal relations.

Key Word :
Promotion Strategy, Garment Industries, Sleepwear Business, Direct Marketing and Personal Selling

Download: File Cover ,