Abstrak RSS

TINDAKAN HUKUM YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH ADINDA YUANITA ATAS DUGAAN MALPRAKTIK OLEH Dr. GUNTUR ERIC LUIS ADIWATI DITINJAU DARI UNDANG UNDANG NO. 36 TAHUN 2009 DAN UNDANG UNDANG NO.8 TAHUN 1999

TINDAKAN HUKUM YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH ADINDA YUANITA ATAS DUGAAN MALPRAKTIK OLEH Dr. GUNTUR ERIC LUIS ADIWATI DITINJAU DARI UNDANG UNDANG NO. 36 TAHUN 2009 DAN UNDANG UNDANG NO.8 TAHUN 1999
HAFIS VIVALDI AKBAR
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Pada hari hari dan tanggal Senin, 27 Mei 2013 pihak Adinda Yuanita melayangkan gugatan kepada dr. Guntur Eric Luis Adiwati, SP.OT, MBCHB, MRCS, CTCM, MMED (tergugat I) , pihak RS Sahid Sahirman Memorial (tergugat II) dan pimpinan RS Sahid Sahirman Memorial yaitu dr.Sukendro MM (tergugat III)ke pengadilan negeri Jakarta Pusat. Gugatan tersebut diajukan oleh kuasa hukum Adinda Yuanita yaitu Susi Tan, SH., MH ke pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan No. reg perkara 256/PDT.G/2013/PN.JKT.PST jenis perkara perbuatan melawan hukum terkait tindakan medis yang dilakukan oleh pihak dr. Guntur terhadap pasien Adinda yang menyebabkan kerugian baik secara materiil maupun immateriil. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah tindakan medis yang dilakukan oleh dr.Guntur yang menyebabkan kerugian terhadap diri Adinda Yuanita dapat dikatakan sebagai malpraktik medis dan tindakan hukum apakah yang dapat dilakukan oleh pihak Adinda terkait tindakan malpraktik medis yang dilakukan oleh dr.Guntur.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan yuridis normatif, yaitu menghubungkan objek penelitian dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, teori-teori hukum, dan memaparkan suatu fakta atau kenyataan secara sistematis dan akurat, kemudian menganalisis fakta dari kenyataan tersebut dengan ketentuan hukum yang berlaku.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa perbuatan dr.Guntur Perbuatan yang dilakukan oleh dr. Guntur merupakan tindakan malpraktik menurut Pasal 51 huruf a Undang – undang No.29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, pasal 4 Undang – undang No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, pasal 22 Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 1996 tentang Tenaga Kesehatan, dan Pasal 9 kode etik kedokteran dan Tindakan hukum yang dapat dilakukan oleh pihak keluarga Adinda Yuanita adalah dengan melaporkan dugaan malpraktik tersebut kepada Mejelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) agar dapat ditentukan unsur kesalahan dalam tindakan malpraktik yang dilakukan oleh dr.Guntur. Sebagai alternatif dari penyeleseian sengketanya diluar pengadilan agar pihak Adinda mengajukan perkaranya kepada Badan Penyeleseian Sengketa Konsumen (BPSK).

Download: File Cover , File Abstrak ,