Abstrak RSS

Strategi Manajemen Media Jurnal Perempuan dalam Menyuarakan Kesetaraan Gender

Strategi Manajemen Media Jurnal Perempuan dalam Menyuarakan Kesetaraan Gender
YOHANNIE LINGGASARI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , ,

ABSTRAK

Yohannie Linggasari, 210110090206, 2014. Strategi Manajemen Media Jurnal Perempuan dalam Menyuarakan Kesetaraan Gender. Pembimbing utama, Dr. Herlina Agustin, S.Sos., M.T., pembimbing pendamping Dr. Nuryah Asri Sjafirah, S.Sos., M.Si., Jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi manajemen media Jurnal Perempuan dalam menyuarakan kesetaraan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori 6P, yaitu penelitian, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, dan penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan strategi dalam bidang redaksi Jurnal Perempuan ialah memilih dewan redaksi dan mitra bestari yang kompeten dan paham akan isu-isu gender sehingga kualitas konten Jurnal Perempuan dapat terus terjaga. Selain itu, pengelola juga melakukan inovasi di antaranya dengan menerbitkan Jurnal Perempuan dalam bentuk bahasa Inggris, yaitu Indonesian Feminist Journal. Sementara, strategi bidang perusahaan Jurnal Perempuan ialah mengumpulkan donasi dari masyarakat yang tergabung dalam Sahabat Jurnal Perempuan sehingga keuangan tidak bergantung pada lembaga asing. Namun, belum ada strategi signifikan yang dilakukan dalam hal marketing.
Berdasarkan hasil penelitian, Peneliti menyimpulkan tahap penelitian pengelola Jurnal Perempuan dilakukan secara non-ilmiah. Perencanaan dilakukan dengan menetapkan tujuan, teknis-teknis pelaksanaan kegiatan, dan strategi. Pengorganisasian dilakukan dengan pembagian kerja tetapi belum dilakukan dengan maksimal karena kekurangan staf. Penggerakan dilakukan melalui rapat. Pengawasan dilakukan melalui laporan. Penilaian dilakukan secara internal dan eksternal, di mana penilaian secara eksternal yang dilakukan dengan survei pembaca belum maksimal karena informan yang terlalu sedikit.
Peneliti memberi saran kepada pengelola Jurnal Perempuan agar dapat melakukan penambahan staf agar setiap tahap manajemen dapat terlaksana dengan lebih baik lagi. Peneliti juga menyarankan agar sistem hukuman dapat dijalankan agar profesionalisme staf dapat terjaga.

Download: File Cover , File Abstrak ,