Abstrak RSS

Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Terhadap Pendokumentasian Asuhan Keperawatan

Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Terhadap Pendokumentasian Asuhan Keperawatan
Rita Sugiarti Marlian, Dadang Kusnadi
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , , , ,

Pelayanan keperawatan professional merupakan agenda terpenting dalam Pelayanan kesehatan di rumah sakit, karena pelayanan yang diberikannya berdasarkan pendekatan biopsiko-sosial-spiritual merupakan pelayanan yang unik dilaksanakan selama 24 jam secara berkesinambungan. Untuk dapat mewujudkan pelayanan yang optimal, dibutuhkan tenaga perawat yang professional. Profesionalisme perawat dalam bekerja dapat dilihat dari pendokumentasian asuhan keperawatan yang diberikan kepada klien yang dirawatnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan tanggung gugat perawat terhadap klien yang dirawatnya, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak dokumen asuhan keperawatan yang isinya belum sesuai baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Berdasarkan hal tersebut, motivasi dan kemampuan perawat sangatlah penting dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan kinerja perawat saat memberikan pelayanan keperawatan khususnya pendokumentasian asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan kemampuan perawat terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan di RSUD Cibabat Kota Cimahi. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Subjek penelitian adalah perawat pelaksana yang bertugas di instalasi rawat inap RSUD Cibabat berjumlah 183 dan dokumentasi asuhan keperawatan dengan menggunakan metode kuantitatif. Data dianalisis melalui analisis multivariable Struktural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan alat bantu software Partial Least Square (Smart-PLS). Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara motivasi t-value (5,553) dan kemampuan t-value (6, 230) terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan di instalasi rawat inap RSUD Cibabat. Kemampuan yang berpengaruh terhadap pendokumentasian adalah pengetahuan dan pelatihan, sedangkan kemampuan/skill tidak mempunyai pengaruh yang signifikna terhadap pendokumentasian asuhan keperawatan dengan nilai t-value (0,816). Disarankan bagi pimpinan rumah sakit untuk meningkatkan skill perawat dengan study lanjut, pelatihan, workshop, lokakarya antar perawat .

Professional nursing service is an important agenda within the hospital’s health services, because service-based to biospiko social-spiritual approach is a unique service held continously for 24 hours. In order to achieve optimal service, professional nurses are needed. Professionalism of nurses in the work can be seen from the documentation of nursing care provided to clients in her care. This is done as a form of responsibility and accountability to the client in her care nurse, but in reality there are many documents of nursing care are not appropriate in terms of both quantity and quality. Based on this, the motivation and ability of nurses is essential in order to improve the professionalism and performance of nurses when providing nursing service especially care nursing documentation in particular. This study aims to analyze the influence of motivation and ability of nurses to the nursing care documentation in regional hospital Cibabat Cimahi. The design of this study is cross-sectional. The subjects are nurses who served in inpatient installation care Regional Hospital (RSUD) Cibabat with 183 nursing care documentation by using quantitative methods. Data are analyzed by multivariable analysis of Structural Equation Modeling (SEM) by using software tools Partial Least Square (Smart-PLS). The results showed no significant effect of motivational t-value (5.553) and the ability of the t-value (6, 230) to the nursing care documentation in inpatient installation care Regional Hospital (RSUD) Cibabat. Capabilities that affect the documentation is knowledge and training, while the ability / significant skill have no effect on the value of documenting nursing care t-value (0.816). What ssuggested for hospital leaders is to improve the skills of nurses through further study, training, workshop, workshops among nurses.

Download: .PDF