Abstrak RSS

Studi Korelasional Mengenai Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Feedback yang Diberikan Oleh Dosen Pembimbing Dengan Prokrastinasi Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran

Studi Korelasional Mengenai Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Feedback yang Diberikan Oleh Dosen Pembimbing Dengan Prokrastinasi Dalam Mengerjakan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
Mirsa Windiantie
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , ,

Mahasiswa tingkat akhir diharuskan untuk menyelesaikan skripsi sebagai syarat kelulusan jenjang sarjana. Dalam pengerjaan skripsi mahasiswa akan melakukan bimbingan skripsi yang berisikan pemberian feedback mengenai skripsi yang sedang mahasiswa kerjakan. Feedback yang dipersepsikan kurang memadai dan tidak sesuai dengan apa yang mahasiswa harapkan dapat membuat mahasiswa kebingungan dan melakukan penundaan dalam pengerjaan dan penyelesaian skripsi yang disebut sebagai prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa tentang feedback yang diberikan dosen pembimbing dengan prokrastinasi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian non-experimental design, lebih spesifik disebut dengan metode korelasional dengan data kuantitatif. Kepada 71 orang responden diberikan alat ukur persepsi mahasiswa tentang feedback berdasarkan konsep Goldstein (2002) dan Carl Rogers (dalam Pearson, 1987) dan prokrastinasi berdasarkan konsep Schouwenberg (dalam Ferrari dkk, 1995). Dengan รก (taraf signifikansi) sebesar 0,05 dan P value 0,745 hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang feedback yang diberikan dosen pembimbing dengan prokrastinasi mahasiswa yang mengerjakan skripsi.

Download: .PDF