Abstrak RSS

Gambaran Sosialisasi Seksualitas Yang Disampaikan Oleh Ibu Pada Remaja Putri Yang Mengalami Retardasi Mental Ringan

Gambaran Sosialisasi Seksualitas Yang Disampaikan Oleh Ibu Pada Remaja Putri Yang Mengalami Retardasi Mental Ringan
Luthfia Dinana
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , , , ,

Remaja dengan retardasi mental ringan mengalami perkembangan biologis yang sama seperti anak normal sehingga mereka perlu diberikan sosialisasi seksualitas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran sosialisasi seksualitas yang dilakukan oleh subjek pada anaknya, dengan rincian informasi apa yang disampaikan dan metode apa yang digunakan oleh subjek dalam melakukan sosialisasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Kedua subjek, yang diperoleh melalui teknik purposive sampling, adalah ibu yang memiliki anak yang didiagnosis retardasi mental ringan, berjenis kelamin perempuan, dan sedang mengalami masa pubertas. Alat ukur yang digunakan berupa wawancara semi terstruktur yang diturunkan dari teori metode sosialisasi menurut Berns (2010) serta komponen seksualitas menurut Walker-Hirsch (2007). Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis data tematik menurut Braun & Clarke (2010). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kedua subjek telah melakukan sosialisasi seksualitas dengan hasil yang dapat diamati. Komponen adult self-care, relationships serta social opportunity adalah komponen yang berhasil disosialisasikan kedua subjek pada anaknya. Ada perbedaan hasil dari sosialisasi seksualitas yang disampaikan oleh kedua subjek, disebabkan oleh penggunaan metode yang berbeda dan adanya komponen tertentu yang tidak disosialisasikan subjek pada anaknya.

Adolescents with mild mental retardation experienced the same biological development as normal adolescents so they need to be given the sexuality socialization. This study was conducted in order to obtain a description of sexuality socialization carried out by the subjects to their daughters, with details of what information was conveyed and what methods were used to do the socialization. The study was conducted using a qualitative approach with a case study method. Both subjects, obtained through purposive sampling technique, are mothers who have a daughter diagnosed with mild mental retardation and was on puberty. Data was collected by semi-structured interviews and the interview guidelines were derived from the theory of socialization method according to Berns (2010) as well as components of sexuality according to Walker-Hirsch (2007). Furthermore, the data were analyzed using thematic data analysis according to Braun & Clarke (2010). Result from this study was that both subjects had done sexuality socialization with observable results. The components of adult self-care, relationships and social opportunity were the component of sexuality that socialized successfully by the subjects.

Download: .PDF