Abstrak RSS

Tanggungjawab Hukum Perusahaan Farmasi Dalam Pengiklanan Obat Bebas Dan Obat Tradisional Yang Menyesatkan Konsumen Dihubungkan Dengan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Pekerjaan Kefarmasian Jo Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Tanggungjawab Hukum Perusahaan Farmasi Dalam Pengiklanan Obat Bebas Dan Obat Tradisional Yang Menyesatkan Konsumen Dihubungkan Dengan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Pekerjaan Kefarmasian Jo Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
Muhammad Basuki
unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Obat merupakan suatu bahan atau paduan bahan-bahan yang dimaksudkan untuk digunakan dalam menetapkan diagnosis, mencegah, mengurangi, menghilangkan, menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit, luka atau kelainan pada tubuh manusia termasuk obat tradisional. Iklan sebagai salah satu bentuk informasi, merupakan alat atau media bagi perusahan farmasi untuk memperkenalkan produk obat kepada masyarakat agar dapat menggunakan atau mengonsumsi produk tersebut. Kecenderungan konsumen untuk mengonsumsi suatu produk obat sangat terkait dengan informasi yang diperoleh konsumen mengenai suatu produk tertentu melalui iklan yang pada umumnya dibuat oleh perusahaan farmasi. Iklan tidak selamanya memberikan informasi yang benar atau lengkap tentang suatu produk, sehingga konsumen agar berhati-hati terhadap suatu produk obat tertentu berdasarkan informasi yang tidak lengkap. Informasi merupakan hak konsumen yang wajib diberikan Perusahaan Farmasi dalam iklannya serta mengatakan apa yang perlu konsumen ketahui agar dapat menetukan pilihan yang tepat, sebagian iklan obat bebas dan obat tradisional isinya menyesatkan membawa pesan yang tidak lengkap dan tidak sesuai dengan kandungan produknya.

The drug is an ingredient or combination of ingredients intended for use in establishing a diagnosis, prevent, reduce, eliminate, cure disease or symptoms of disease, injury or abnormalities in the human body, including traditional medicine. Advertising as a form of information, a tool or medium for pharmaceutical companies to introduce medicinal products to the public in order to use or consume the product. The tendency of consumers to consume a drug product is related to the information obtained by consumers about a particular product through advertising that is generally made by the pharmaceutical companies. Advertising does not always provide correct or complete information about a product, so that consumers to beware of a certain drug products based on incomplete information. Information is consumer rights must be given in the ads as well as Pharmaceutical Companies say what consumers need to know in order to determine the right choice, partly ad-free medicine and traditional medicine, it is misleading to bring a message that is incomplete and not in accordance with the content of its products.

Download: .PDF