Abstrak RSS

Pengaruh Karakteristik Penguji Terhadap Derajat Kesesuaian Antar-penguji Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Di Program Studi D3 Kebidanan Fakultas Kedokteran Unpad

Pengaruh Karakteristik Penguji Terhadap Derajat Kesesuaian Antar-penguji Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Di Program Studi D3 Kebidanan Fakultas Kedokteran Unpad
Khalidatunnur Andrianie, Rani Nurparidah, Yuni Pratiwi Susanti, Tina Dewi Judistiani
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Reliabilitas ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dapat ditingkatkan dengan menilai derajat kesesuaian antar-penguji dalam memberikan penilaian ujian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis derajat kesesuaian antar-penguji OSCE dan menganalisis pengaruh karakteristik penguji terhadap derajat kesesuaian antar penguji OSCE. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian potong silang. Sampel penelitian ini adalah seluruh dosen tetap bidan berjumlah 16 orang, 10 mahasiswa Program Studi D3 Kebidanan FK Unpad semester 6 dan 2 orang pasien simulasi. Analisis penelitian untuk melihat derajat kesesuain antar-penguji menggunakan Fleiss Kappa sedangkan untuk melihat pengaruh karakteristik penguji terhadap derajat kesesuaian antar-penguji digunakan uji t tidak berpasangan, uji Mann-Whitney dan uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan derajat kesesuaian antar-penguji OSCE (nilai kappa <0,4), karakteristik penguji yaitu pengalaman klinik, pengalaman menjadi pengajar keterampilan yang diujikan, keikutsertaan dalam standardisasi OSCE dan pengalaman menguji OSCE berpengaruh terhadap derajat kesesuaian antar-penguji (p <0,005), sedangkan masa kerja penguji dan pengalaman dalam merancang pojok uji yang dinilai tidak berpengaruh terhadap derajat kesesuaian antar-penguji OSCE. Kesimpulan penelitian ini adalah derajat kesesuaian antar-penguji di Program Studi D3 Kebidanan FK Unpad kurang baik dan karakteristik penguji yang berpengaruh terhadap derajat kesesuaian antar-penguji adalah pengalaman klinik, pengalaman menjadi pengajar keterampilan yang diujikan, keikutsertaan dalam standardisasi OSCE dan pengalaman menguji OSCE.

Inter-rater reliability can be improved the reliability test of the Objective Structured Clinical Examination (OSCE). The purpose of this study was to analyze OSCE inter-rater reliability and the influence of the examiner characteristics. This design was a cross sectional. The samples were 16 midwife lecturer, 10 students of the 6 semesters Midwifery diploma program and 2 simulated patients. The data were analysed using Fleiss Kappa to obtain inter-rater reliability and unpaired t test, the Mann-Whitney, the Kruskal-Wallis for the influence of the examiner characteristics to inter-rater reliability. The results showed that OSCE inter-rater reliability was poor (kappa <0.4). Examiner characteristics such as, clinical experience, clinical skills trainer experience, standardization involvement OSCE and examiner experience were influence inter-rater reliability (p <0.005), while the rater tenure and experience in station construction did not influence on inter-rater reliability. The conclusion of this study was OSCE inter-rater reliability of the Midwifery Diplom Program of the Medical Faculty Padjadjaran University was poor and examiner characteristics that influence inter-rater reliability were clinical experience, clinical skills trainer experience, standardization involvement and OSCE examiner experience.

Download: .PDF