Abstrak RSS

Efektivitas Penambahan Probiotik Komersial Pada Media Pemeliharaan Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum)

Efektivitas Penambahan Probiotik Komersial Pada Media Pemeliharaan Terhadap Kelangsungan Hidup dan Pertumbuhan Benih Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum)
ICHWAN ARIEF WICAKSONO
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik (Starbact) terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan benih bawal air tawar (Colossoma macropomum). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 16 Mei hingga 16 Juni 2014 di Laboratorium Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga kali ulangan. Perlakuan tersebut adalah pemberian probiotik dengan konsentrasi A (0 ml/L), B (0,5 ml/L), C (1,0 ml/L), D (1,5 ml/L), dan E (2,0 ml/L) tanpa penggantian air pada media pemeliharaan. Parameter yang diamati adalah kelangsungan hidup, pertumbuhan, respon makan, dan kualitas air. Analisis data kelangsungan hidup dan pertumbuhan menggunakan analisis sidik ragam ANOVA dan uji jarak berganda Duncan pada taraf 5%. Respon makan dan kualitas air dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi probiotik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kelangsungan hidup, namun tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan benih bawal air tawar. Konsentrasi probiotik sebesar 1,0 ml/L menghasilkan kelangsungan hidup, laju pertumbuhan harian, dan pertumbuhan panjang tertinggi masing-masing 96,67 %, 0,51 % dan 2,80 mm.

Download: