Abstrak RSS

TINJAUAN YURIDIS TERAPI MEDIS SEL PUNCA (STEM CELL) DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2007 TENTANG KESEHATAN

TINJAUAN YURIDIS TERAPI MEDIS SEL PUNCA (STEM CELL) DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 36 TAHUN 2007 TENTANG KESEHATAN
YONDY HILMAWAN
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Penemuan dan pemanfaatan sel punca memberi peluang kepada ilmu kedokteran untuk memecahkan berbagai macam masalah kedokteran yang sampai saat ini belum dapat diselesaikan secara tuntas di Indonesia. Banyak upaya pemanfaatan sel punca masih berada pada tahap penelitian dilaboratorium atau pada percobaan hewan dan sampai pada tahap uji klinik dengan pengikutsertaan relawan manusia. Tingkat perkembangan pemanfaatan berbagai macam sel punca di Indonesia yang tidak sesuai dengan aspek bioetik dan perundang-undangan, dapat mengakibatkan pembangunan kesehatan di Indonesia tidak merata.
Untuk mengetahui dan membahas permasalahan, penulis melakukan penelitian yang bersifat deskriptif analisis yaitu pendekatan yang menggambarkan peristiwa yang sedang diteliti dan kemudian menganalisa berdasarkan fakta-fakta yang berkaitan dengan objek penelitian. Dalam metode pendekatan penulis menggunakan pendekatan yuridis normatif dibantu dengan yuridis empiris yang dapat diartikan sebagai penelitian hukum kepustakaan yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier serta dibantu dengan data lapangan.
Setelah dilakukan penelitian penulis berkesimpulan bahwa Dalam penelitian, pengembangan, dan pemanfaatan Sel Punca sebagai upaya untuk meningkatan pelayanan medis di Indonesia. Harus berorientasi pada aspek bioetik dan perundang-undangan sebagaimana di tegaskan dalam pasal 2 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Uji klinik dalam terapi medis sel punca merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan Pelayanan Medis di Indonesia sebagaimana diatur dalam Pasal 50 ayat 2 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Instalasi Sel Punca adalah pelayanan sel punca di Rumah Sakit Pendidikan milik pemerintah maupun swasta yang berlokasi permanen (dilahan yang peruntukan & penggunaan bangunannya sesuai dengan ketentuan PEMDA), berbadan hukum, dan menyelenggarakan pelayanan medis sel punca sebagaimana ditegaskan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 834/MENKES/SK/IX/2009.

Download: File Cover , File Abstrak ,