Abstrak RSS

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YAYASAN DOMPET SOSIAL ASH SHOFWAH DALAM MENGGALI DANA SOSIAL

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN YAYASAN DOMPET SOSIAL ASH SHOFWAH DALAM MENGGALI DANA SOSIAL
CACA ANDIKA
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

ABSTRAK

Caca Andika, 210110090317. Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Penelitian “Strategi Komunikasi Pemasaran Yayasan Dompet Sosial Ash – Sofwah dalam Menggali Dana Sosial”. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Kokom Komariah, M.Si., sebagai pembimbing utama dan Dra. Yanti Setianti, M.Si., sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pemilihan komunikator, pengemasan pesan komunikasi, pemilihan media komunikasi dan mengenali komunikan atau khalayak sasaran yang dilakukan oleh Yayasan Dompet Sosial Ash – Shofwah (DSA). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang diuraikan menggunakan konsep komunikasi pemasaran. Dengan analisis data kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, analisis dokumen dan studu kepustakaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dewan syariah sebagai komunikator untuk berkomunikasi dengan khalayak sasaran, dewan syariah terdiri dari beberapa Ustad yang ahli dalam bidang syariah. Pengemasan pesan komunikasi yang dilakukan oleh DSA yaitu dengan cara membuat pesan yang singkat, ringan, disertai gambar yang dapat menumbuhkan rasa emapati pembaca. Pemilihan media sosial sebagai media komunikas dilandasi karena adanya perkembangan zaman yang diiringi dengan pesatnya media komunikasi sehingga DSA memilih media sosial sebagai media komunikasi, karena media sosial merupakan media yang efektif sebagai media komunikasi untuk menyebarkan pesan kepada khalayak sasaran. DSA melakukan analisis khalayak dengan menggunakan “analisis cerdas peluang donasi” untuk mengklasifikasikan khalayak sasaran DSA.
Simpulan dari penelitian ini bahwa DSA membentuk dewan syariah sebagi komunikator untuk melakukan komunikasi kepada khalayak sasaran dengan pengemasan pesan yang unik, singkat dan ringan yang disebarkan melalui media sosial sebagai media komunikasi kepada khalayak sasaran.

ABSTRACT
Caca Andika, 210110090317. Public Relations Department, Faculty of Communication Sciences, University of Padjadjaran. Research title " Marketing Communication Strategy Dompet Sosial Ash – Shofwah (DSA) Foundations In Exploring The Social Fund". The research was led by Dra. Kokom Komariah, M.Si., as the main supervisor and Dr. Yanti setianti, M.Si., as the supervising companion.
This study aims to describe the selection of the communicator, packaging communication messages, communication and media selection or recognize communicant target audience conducted by the Foundation for Dompet Sosial Ash – Shofwah (DSA). The method used is descriptive method with qualitative approach is described using the concept of marketing communications. With qualitative data analysis, data collection was done by observation, interviews, document analysis and literature study.
The results of this study indicate that the board of sharia as a communicator to communicate with target audiences, sharia council composed of some of the experts in the field Ustad sharia. Packaging messaging communications made by DSA is a way to make the message short, light, accompanied by images that can foster a sense of empathy reader. Selection of social media as a medium communications based because of the times accompanied by the rapid communication media so that DSA chose social media as a communication medium, because social media is a medium that communicates effectively as a medium to spread the message to the target audience. DSA analysis of audiences by using "Analisis Cerdas Peluang Donasi" to classify the target audience DSA.
Conclusions from this research that the DSA formed as a sharia council communicators to communicate to target audiences with unique packaging message, short and light that is spread through social media as a medium of communication to the target audience.

Download: File Cover , File Abstrak ,