Abstrak RSS

KEBIJAKAN REDAKSI MAJALAH ISOLA POS SEBAGAI KRITIK TERHADAP UPI

KEBIJAKAN REDAKSI MAJALAH ISOLA POS SEBAGAI KRITIK TERHADAP UPI
RANI MULYATI
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

ABSTRAK

Rani Mulyati, 210110100403, 2014, “Kebijakan Redaksi Majalah Isola Pos Sebagai Kritik terhadap UPI”. Studi Kasus mengenai Kebijakan Redaksi Majalah Isola Pos Unit Pers Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Represi dari Pihak Kampus. Pembimbing utama Dr. H. Aceng Abdullah, M.Si dan pembimbing pendamping Dr. Hj. Nuryah Asri Sj., S.Sos,. M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya konflik antara Isola Pos dan pihak kampus Univesitas Pendidikan Indonesia (UPI). Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penyelesaian kasus represi yang dilakukan pihak kampus. Selain itu, penelitian ini dibuat untuk mengetahui strategi Isola Pos dalam menjaga eksistensi setelah mengalami represi.
Subjek penelitian ini adalah orang-orang yang terkait baik secara langsung maupun tidak langsung dengan UPI dan Isola Pos. Objek penelitian ini adalah majalah Isola Pos yang diterbitkan oleh Unit Pers Mahasiswa UPI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dikemukakan Robert E. Stake. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi lapangan, wawancara mendalam, dan studi dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik antara UPI dan Isola Pos terjadi karena kedua belah pihak memiliki perbedaan dalam menafsirkan sebuah pemberitaan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kasus represi yang dilakukan pihak UPI kepada Isola Pos tidak diselesaikan secara jelas karena akhirnya pihak kampus hanya menganggap kesalahan yang dibuat Isola Pos sebagai suatu kewajaran dalam proses belajar. Salah satu langkah yang diambil UPI adalah dengan mengeluarkan disiplin mahasiswa untuk mengendalikan Isola Pos dan kondisi kampus. Pasca penarikan majalah Isola edisi 50, kondisi Isola Pos tidak stabil. Namun majalah tersebut tetap bertahan dengan mengutamakan idealisme sebagai strategi untuk menjaga eksistensi.
Peneliti menyarankan agar Isola Pos dapat memenuhi kebutuhan informasi, hiburan, dan pendidikan, bukan hanya sekedar memengaruhi pembaca. Menejemen yang baik juga dibutuhkan agar Isola Pos tetap penting dan menarik di mata khalayak. Isola Pos harus memiliki SOP yang jelas sehingga alur kerja terarah. Selain itu, pihak kampus harus memberi dukungan secara moril dan materil, bahkan menjadikan Isola Pos sebagai salah satu aset yang dimiliki UPI.

Download: File Cover , File Abstrak ,