Abstrak RSS

Studi Deskriptif Mengenai Sikap Terhadap Relasi Lawan Jenis Studi Pada Siswa Yang Menjadi Sasaran Program Dokter Cilik Sehat Islami (DOKCIL SEKSI)

Studi Deskriptif Mengenai Sikap Terhadap Relasi Lawan Jenis Studi Pada Siswa Yang Menjadi Sasaran Program Dokter Cilik Sehat Islami (DOKCIL SEKSI)
Irza Auky Distianty
Unpad
Indonesia
Unpad
, ,

Perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak dan remaja Bandung mengarah kepada masalah seksualitas. Faktor penyebabnya adalah kurangnya pemahaman mengenai kesehatan reproduksi yang didasari dengan pengetahuan seputar pubertas dan bentuk relasi lawan jenis dalam batas yang wajar. Pengetahuan tersebut dapat diperoleh dari sekolah dalam pelajaran biologi kelas VI sekolah dasar namun anak belum mengetahui dampak yang ditimbulkan dari kurangnya pemahaman seputar pubertas. Program Dokcil sebagai upaya persiapan bagi anak menuju remaja yang akan mengalami pubertas. Luaran yang diharapkan dari program adalah memiliki sikap yang positif maka peneliti tertarik untuk melihat sikap terhadap relasi lawan jenis pada siswa yang menjadi sasaran program Dokter Cilik Sehat Islami (Dokcil Seksi). Bentuk relasi lawan jenis yang digunakan adalah dalam agama Islam. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non expertimental quantitative research dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap 70 siswa kelas V SDN Babakan Ciparay Timur dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap siswa yang menjadi sasaran Dokcil terhadap relasi lawan jenis dalam Islam terbagi ke dalam tiga kategori yaitu positif (18.57%), cenderung positif (70.00%), netral (11.43%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara garis besar siswa cukup menyukai dan cenderung akan berelasi lawan jenis sesuai dalam agama Islam.

Download: .PDF