Abstrak RSS

Uji Coba Program Cool Little Kids Sebagai Intervensi Dini Gangguan Kecemasan Studi Pada Ibu dari Anak Usia 4 – 5 tahun yang Memiliki Faktor Resiko untuk Mengalami Gangguan Kecemasan yaitu Temperamen Behavioral Inhibition (BI).

Uji Coba Program Cool Little Kids Sebagai Intervensi Dini Gangguan Kecemasan Studi Pada Ibu dari Anak Usia 4 – 5 tahun yang Memiliki Faktor Resiko untuk Mengalami Gangguan Kecemasan yaitu Temperamen Behavioral Inhibition (BI).
Melva Sastra Utama
UNpad
Indonesia
Unpad
, , , , , , , , ,

Pada masa kanak – kanak awal (early childhood) terjadi perkembangan emosi yang sangat pesat. Gangguan dalam perkembangan emosi yang dialami pada tahap perkembangan ini memiliki dampak yang besar dan dapat mempengaruhi perkembangan di tahap – tahap selanjutnya. Salah satu gangguan emosi yang dapat terjadi pada tahap perkembangan ini adalah gangguan kecemasan. Penelitian menunjukkan bahwa gangguan kecemasan merupakan salah satu gangguan psikologis yang paling umum terjadi dan memiliki onset paling dini. Gangguan kecemasan memiliki dampak yang besar bagi perkembangan seorang anak yang mengalaminya, mengganggu banyak area kehidupan misalnya akademik dan sosial. Sayangnya kebanyakan anak – anak dengan gangguan kecemasan baru mendapatkan penanganan yang mereka butuhkan bertahun – tahun setelah onset. Terkait intervensi gangguan kecemasan, beberapa tahun ini terjadi pergeseran fokus penelitian, yaitu dari upaya intervensi ke upaya intervensi dini. Upaya intervensi dini dinilai memiliki banyak keuntungan, terutama dalam mencegah gangguan kecemasan menjadi parah. Para peneliti menemukan bahwa salah satu faktor resiko gangguan kecemasan adalah temperamen Behavioral Inhibition (BI). Sejak usia dini, anak dengan temperamen BI menunjukkan sensitivitas yang tinggi terhadap beragam stimulus dan cenderung menarik diri saat berada dalam situasi baru. Penelitian menunjukkan bahwa anak – anak dengan temperamen BI memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan kecemasan di kemudian hari dibandingkan anak – anak yang tidak memiliki temperamen BI. Salah satu program intervensi dini yang dikembangkan secara spesifik untuk anak usia prasekolah yang memiliki faktor resiko temperamen Behavioral Inhibition (BI) adalah program Cool Little Kids yang dikembangkan oleh Rapee et al pada tahun 2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan program Cool Little Kids untuk ibu dari anak usia 4 – 5 tahun dengan temperamen Behavioral Inhibition (BI). Dengan menggunakan prinsip CBT, program ini bertujuan untuk menurunkan tingkat kecemasan anak. Caranya adalah dengan mengajarkan ibu strategi – strategi untuk mengelola kecemasan mereka serta kecemasan anaknya. Para ibu juga diajarkan cara – cara untuk mengembangkan keberanian dan kepercayaan diri anak. Program ini dilaksanakan dalam 6 sesi, masing – masing berdurasi 90 – 120 menit, dan durasi total program adalah 10 minggu. Penelitian ini menggunakan design quasi – experimental dengan one group pre-test and post-test. Subjek pada penelitian ini adalah 4 orang ibu yang memiliki anak berusia 4 – 5 tahun yang memiliki temperamen Behavioral Inhibition (BI). Temperamen BI diukur dengan menggunakan kuesioner Behavioral Inhibition Questionnaire (BIQ). Sedangkan alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan anak sebelum dan sesudah program adalah Preschool Anxiety Scale – Revised (PAS-R). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kecemasan turun pada 3 subjek, yaitu sebesar 36.4%, 14%, dan 41%. 1 orang subjek mengalami kenaikan skor sebesar 25%. Hasil akan didiskusikan terkait data – data pendukung. Penurunan / kenaikan skor dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah pemahaman dan penerimaan ibu tentang konsep yang diajarkan, serta kemampuan ibu untuk mengimplementasikan program di rumah. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah program Cool Little Kids efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan anak. Saran – saran dalam penelitian akan didiskusikan.

Emotional development in early childhood occurs rapidly. Disruptions in emotional development during this period is significant and can affect further development. Emotional disorders that can occur during this period of development are anxiety disorders. Studies have shown that anxiety disorders are one of the most common psychological disorders, as well as one with the earliest onset. Anxiety disorders have significant impact on development, disrupting many areas of lives such as academic and social. Unfortunately, most children with anxiety disorders do not get the treatments they need until years after onset. Regarding treatments for anxiety disorders, in these few years there have been a shift in research, from intervention to early intervention. Early intervention is considered beneficial, especially in an effort to prevent the progression of anxiety. Researchers have discovered that one risk factor for anxiety disorders is Behavioral Inhibition (BI) temperament. From an early age, children with this temperament show heightened sensitivity to various stimuli and tend to withdraw in new situations. Research shows that children with this temperament are more likely to develop anxiety disorders than children without this temperament. One intervention program that has been developed specifically for preschool children with risk factor Behavioral Inhibition temperament is the Cool Little Kids program, which was developed by Rapee et al in 2005. The purpose of this thesis is to implement the Cool Little Kids program for mothers of children aged 4 – 5 years old who have Behavioral Inhibition temperament. Using CBT as its principle, this program aims to reduce children’s anxiety levels. This is done by teaching the mothers specific strategies for managing their anxieties, as well as their children’s anxieties. Furthermore, the mothers are taught ways to help their children develop a confident self. This program is conducted over 6 sessions, each lasting 90 – 120 minutes, and the total duration of the program is 10 weeks. This research uses quasi – experimental design with one group pre-test and post-test. The subjects in this study are four mothers of 4 – 5 years old children with Behavioral Inhibition (BI) temperament. Behavioral Inhibition (BI) temperament is assessed using Behavioral Inhibition Questionnaire (BIQ). Pre – post levels of children’s anxieties are measured using the Preschool Anxiety Scale–Revised (PAS-R). Results show that compared to pre – treatment levels, post – treatment anxiety levels decrease in 3 subjects, with pre – post differences in 3 subjects are shown as follows: 36.4%, 14%, and 41%. One subject show an increase in the post – treatment anxiety level. The difference between pre – post measure is 25%. These results will be discussed in relation to supporting evidences. Increase / decrease in pre – post treatment scores are affected in part by mothers’ ability to understand, accept, and implement concepts that are taught at home. It can be concluded that the Cool Little Kids program is effective in reducing anxiety levels in children. Suggestions for future studies are discussed.

Download: .PDF