Abstrak RSS

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Asuhan Kebidanan BBLR ( Bayi Berat Lahir Rendah ) Mahasiswa Akademi Kebidanan Cianjur (Suatu Studi Eksploratif di Akademi Kebidanan Cianjur)

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Asuhan Kebidanan BBLR ( Bayi Berat Lahir Rendah ) Mahasiswa Akademi Kebidanan Cianjur (Suatu Studi Eksploratif di Akademi Kebidanan Cianjur)
Fia Sofiati, Kusnandi Rusmil, Marissa Tasya
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Tujuan: Untuk mengukur perbedaan hasil belajar mahasiswa antara metode inkuiri dan CTJ, Untuk mengukur perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa antara metode inkuiri dan CTJ, Untuk menganalisis pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar asuhan kebidanan BBLR. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan penelitian Quasi Experiment dengan pre dan post test control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling dengan subjek penelitian mahasiswa Akbid Cianjur yang mengikuti pembelajaran dengan metode inkuiri sebanyak 58 orang, dan metode CTJ sebanyak 59 orang, sehingga total sampel berjumlah 117 orang. Analisis metode pembelajaran dengan hasil belajar dilakukan dengan uji chi-Square, analisis bivariabel dengan uji Mann Whitney untuk menilai perbedaan metode pembelajaran dengan hasil belajar, uji t untuk mengukur perbedaan hasil belajar mahasiswa, dan analisis multivariabel dengan regresi logistik untuk menilai pengaruh metode inkuiri dan CTJ terhadap hasil belajar mahasiswa. Hasil: Penelitian menunjukkan hasil pre dan postest pada metode inkuiri mempunyai nilai median (57 dan 73) dan rentang lebih tinggi (57-83) dibandingkan metode CTJ dengan median (63 dan 67) dan rentang (43-77). Hasil belajar mahasiswa dalam asuhan kebidanan BBLR dengan nilai rata-rata lebih tinggi pada metode inkuiri 72,12 dibandingkan metode CTJ dengan nilai rata-rata 64,24 (p<0,001). Variabel metode inkuiri mempunyai pengaruh yang paling signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan nilai odds ratio (OR) 57,71.
Simpulan: Simpulan hasil penelitian, metode inkuiri dinilai lebih baik dalam pencapaian hasil belajar mahasiswa. Metode inkuiri berpengaruh 58 kali terhadap pencapaian hasil belajar mahasiswa.

Objective : To measure differences in learning outcomes between students and CTJ inquiry method, to measure the difference between the improvement of student learning outcomes and CTJ inquiry method, to analyze the effect of the application of methods of inquiry learning on learning outcomes of midwifery care LBW. Methods : This research is analytic with Quasi Experiment study design with pre and post test control group design. Sampling was done by total sampling with research subjects Cianjur AKBID students who follow the method of inquiry learning as much as 58 people, and methods CTJ as many as 59 people, bringing the total sample was 117 people. Analysis of teaching methods with learning outcomes conducted with chi -square test, bivariate analysis with the Mann Whitney test to assess differences in teaching methods with learning outcomes, t test to measure differences in student learning outcomes, and multivariable logistic regression analysis to assess the effect of the method of inquiry and CTJ on student learning outcomes. Results : The study shows the results of the pre and posttest on the inquiry method has a median value ( 57 and 73 ) and the higher range ( 57-83 ) compared with the median method CTJ ( 63 and 67 ) and the range ( 43-77 ). Student learning outcomes in midwifery care lbw with an average value higher than 72.12 on inquiry method CTJ method with an average value of 64.24 ( p < 0.001 ). Variable method of inquiry has the most significant effect on learning outcomes of students withgrades odds ratio ( OR ) 57.71. Conclusion : Conclusion of research results , methods of inquiry considered better in achieving the learning outcomes of students . Inquiry method 58 times the effect on the achievement of student learning outcomes .

Download: .PDF