Abstrak RSS

Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mitra Binaan Pt. (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai

Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mitra Binaan Pt. (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai
Susi Hendriani , Soni A. Nulhaqim
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kependudukan Padjadjaran, Vol. 10, No. 2, Juli 2008 : 152 - 168
Indonesia
Universitas Padjadjaran, Jurnal Kependudukan Padjadjaran, Vol. 10, No. 2, Juli 2008 : 152 - 168
, , , , ,

Penelitian ini dilakukan pada PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai jalan Datuk Laksamana No 1 Dumai-Riau. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan dalam menumbuhkan jiwa wirausaha mitra binaan pada PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan dalam menerapkan pemberian pelatihan dan pembinaan gunanya dalam menumbuhkan semangat jiwa wirausaha usaha kecil pada masa yang akan datang.

Dari hasil penelitian mengenai pengaruh pelatihan dan pembinaan dalam menumbuhkan jiwa wirausaha mitra binaan pada PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai diperoleh thitung lebih besar dari t¬¬tabel yaitu 9.361 > 1,999. artinya pelatihan dan pembinaan mempunyai pengaruh yang signifikan dalam menumbuhkan jiwa wirausaha mitra binaan pada PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai. Besar pengaruh variabel terikat dapat dilihat dari nilai Koefisien determinasi (R square) yang besarnya adalah 0,590 atau 59,0 % sedangkan sisanya 41,0 % dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

This research was conducted at PT. (Persero) Indonesian First Port Branch Datuk Laksmana Dumai, No 1, Dumai, Riau. The purpose of this research is to study the influence of training and coaching in developing the entrepreneurial spirit for partners of PT. (Persero) Indonesian First Port Dumai. The benefits of this research suggest a consideration in training and coaching process that can develop the entrepreneurial spirit in small enterprise.

The results of this research founded tcount was bigger than ttable, there is 9361 > 1.999. It is means the training and developing had significant effect in developing the entrepreneurial spirit for partners of PT. (Persero) Indonesian First Port Dumai. The influence of the dependent variable showed in the value of coefficient of determination (R square) the score is 0.590 or 59.0%, while 41.0% remaining were influenced by other variables that not examined in this study.

Download: .Full Papers