Abstrak RSS

Wacana Dukungan Pelaksanaan Pilkada Langsung dalam Pemberitaan di Koran Tempo

Wacana Dukungan Pelaksanaan Pilkada Langsung dalam Pemberitaan di Koran Tempo
ANDRE WINALDI PUTRA
Unpad
Indonesia
Unpad
, , , , ,

Andre Winaldi Putra, NPM 210110100370, Mahasiswa Prodi Ilmu Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Skripsi ini berjudul “Wacana Dukungan Pelaksanaan Pilkada Langsung dalam Pemberitaan di Koran Tempo”. Pembimbing utama Dr. Dadang Rahmat Hidayat., S.Sos., SH., M.Si dan pembimbing pendamping Nunik Maharani Hartoyo S.Sos., M. Comn&Media St.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana dukungan pelaksanaan pilkada langsung dalam pemberitaan di Koran Tempo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Objek penelitiannya adalah lima teks berita langsung tentang kontroversi mekanisme pelaksanaan pilkada di Koran Tempo edisi 9-12 dan 14 September 2014. Penelitian ini menggunakan teori hierarki pengaruh, teori hegemoni dan teori ekonomi politik dalam mendalami permasalahan.
Hasil penelitian menunjukkan pada level teks, wacana dukungan pelaksanaan pilkada langsung direpresentasikan melalui tata bahasa, relasi, identitas dan rangkaian intertekstualitas. Level praktik wacana, menunjukkan Koran Tempo dipengaruhi oleh ideologi dan pandangan politiknya dalam menurunkan wacana dukungan pelaksanaan pilkada langsung kepada khalayak. Pada level praktik sosiokultural wacana dukungan pelaksanaan pilkada langsung memiliki kaitan dengan sistem politik demokrasi di Indonesia. Koran Tempo juga melakukan komodifikasi sehingga memeroleh keuntungan ekonomi dari tingginya oplah.
Saran berdasarkan hasil penelitian ini adalah Koran Tempo dalam pemberitaan perlu mewakili lebih banyak pandangan dan kalangan, tidak hanya pandangan dan kalangan tertentu. Koran Tempo perlu untuk lebih memperhatikan keberimbangan ditinjau dari sumber berita dan porsi pemberitaan sebagai keharusan dalam pers. Koran Tempo perlu lebih berhati-hati memilih diksi dalam pemberitaan sehingga dapat menghindarkan pembaca dari prasangka dan salah pemahaman.

Download: File Cover , File Abstrak ,